Permudah Masyarakat Akses Pelayanan KB, DP3AP2KB Luwu Utara Gandeng Bidan Desa Berprestasi Lakukan Grebek Pasar

43
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA — Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Luwu Utara kembali melakukan aksi Pelayanan KB Bergerak Sasar Pasar Tradisional alias Grebek Pasar.

Aksi “Grebek Pasar” kali ini dilaksanakan di pasar Sabbang, kecamaatan Sabbang, Kamis (18/11/2022). Tim DP3AP2KB Luwu Utara menggandeng salah satu bidan desa berprestasi, Misbah Nur, dalam pelayanan KB bergerak tersebut.

ADVERTISEMENT

Kabid KB Dinas P3AP2KB Luwu Utara, Aminah, mengatakan, pelaksanaan Grebek Pasar ini adalah bagian dari pelayanan jemput bola dengan tujuan mempermudah masyarakat mengakses pelayanan KB, utamanya alat kontrasepsi.

“Kita tahu bersama bahwa banyak masyarakat kita tidak memiliki waktu untuk mendatangi fasilitas layanan kesehatan. Pelayan KB bergerak ini menyasar para pedagang di pasar tradisional, termasuk para pengunjung pasar,” jelas Aminah, di sela-sela kegiatan.

Selain menggandeng bidan desa, pihaknya juga melibatkan PKB/PLKB serta mitra lainnya yang peduli dengan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga.

Pada pelayanan KB bergerak ini, DP3AP2KB bersama tim lainnya melakukan sosialisasi dan pencerahan kepada pedagang dan pengunjung pasar, terkait pelayanan kontrasepsi. Alhasil, animo masyarakat di pasar Sabbang juga sangat tinggi.

“Alhamdulillah, hari ini kami memberikan pelayanan KB bergerak, dan antusiasme masyarakat juga sangat tinggi. Itu artinya bahwa masyarakat mulai terlihat serius untuk mengetahui apa tujuan dan manfaat dari pelayanan KB tersebut,” jelasnya.

“Animo masyarakat kita, khususnya di Sabbang ini sangat tingggi. Untuk itu, kita harap ada beberapa wilayah yang bisa kita jadikan sebagai contoh program ini,” pungkasnya. (***)

ADVERTISEMENT