Persembahan Judas Amir di Akhir Periode, Revitalisasi Stadion Lagaligo Dilengkapi Taman dan Jogging Track

250
Walikota Palopo, HM Judas Amir
ADVERTISEMENT

PALOPO–Duet kepemimpinan Walikota Palopo, HM Judas Amir, bersama wakilnya, H. Rahmat Masri Bandaso, akan berakhir pada September 2023 mendatang. Judas Amir yang sudah dua periode memimpin Kota Palopo, mengakui jika dalam hitungan sembilan bulan kedepan, pemerintahannya akan fokus mengejar pekerjaan prioritas Kota Palopo sesuai janji kampanye.

Termasuk menyelesaikan berbagai program pembangunan dari tahun anggaran 2022 hingga 2023 ini. “Sekarang ini saya betul-betul fokus untuk menyelesaikan target-target program prioritas sebagai Walikota Palopo,” kata Judas Amir, di rumah jabatannya, SaokotaE, Minggu (22/1/2023).

ADVERTISEMENT

Disebutkan Judas Amir, seperti penyelesaian tiga proyek multiyears Pemkot Palopo, yakni penyelesaian revitalisasi Islamic Centre Palopo, penyelesaian sirkuit Ratona Palopo, dan penyelesaian Pusat Kuliner dan Menara Payung Palopo di kawasan eks Luwu Plaza. “Tiga proyek multiyears tersebut, Insya Allah akan rampung tahun ini, sebelum masa jabatan saya berakhir,” katanya.

Judas Amir mengaku bahagia, karena tiga proyek multiyears akan selesai tahun 2023 ini. Sehingga kata Judas Amir, tiga proyek multiyears akan dinikmati manfaatnya bagi masyarakat, termasuk menggairahkan perekonomian masyarakat. “Pusat Kuliner dan Menara Payung selesai tahun ini, bisa difungsikan. Sirkuit Ratona juga selesai sehingga bisa memajukan olahraga otomotif Palopo, dan revitalisasi Islamic Centre juga selesai,” katanya.

ADVERTISEMENT

Selain itu, Judas Amir juga menyebut, pemerintahannya juga akan melaksanakan revitalisasi Stadion Lagaligo Palopo sesuai janjinya kepada masyarakat Kota Palopo, terutama kepada insan sepakbola. Revitalisasi Stadion Lagaligo ini, mencakup tiga item pengerjaan dengan anggaran mencapai Rp30 miliar.

Tiga item pengerjaan tersebut, yakni revitalisasi tribun dan lapangan sepakbola dengan anggaran mencapai Rp20 miliar, jogging track di luar kawasan stadion dengan anggaran mencapai Rp5 miliar, dan pembangunan landscape dan penataan taman stadion mengelilingi stadion Rp5 miliar.

ADVERTISEMENT

Untuk program antisipasi dan penanganan banjir tahun 2023, Judas Amir menyebut menyiapkan anggaran mencapai Rp30 miliar. Semua sungai yang melintasi dan membelah Kota Palopo akan dinormalisasi agar alurnya normal, termasuk revitalisasi bendung Mawa dan normalisasi sungai Songka. “Normalisasi semua sungai di Palopo sebagai upaya mengantisipasi ancaman banjir, termasuk perbaikan berbagai titik-titik alur sungai yang terdampak bencana alam tahun lalu.

Judas Amir juga menyebutkan, untuk tahun 2023 ini, pemerintahannya juga fokus membenahi sejumlah ruas jalan dan merintis jalan baru, termasuk perbaikan beberapa jembatan. Anggaran yang disiapkan mencapai angka Rp50 miliar.

“Ada beberapa jembatan di wilayah keluranan akan direnovasi, akan dibenahi. Termasuk sejumlah ruas jalan akan dipermulus dan perintisan jalan baru. Ini juga upaya memperbaiki infrastruktur di Kota Palopo,” katanya.

Selain program infrastruktur, Judas Amir menyebutkan, berbagai program lainnya di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lain-lain tetap berjalan. Diantaranya program kesehatan subsidi iuran BPJS Kesehatan khusus kelas III bagi masyarakat tetap diprogramkan, pendidikan gratis paripurna khusus tingkat SD hingga SMP. “Termasuk tahun 2023 ini, saya menaikkan insentif Ketua RT/RW hingga LPMK dari Rp500 ribu per bulan jadi Rp700 ribu. Ini bentuk perhatian pemerintah bagi perangkat pemerintahan tingkat bawah,” tandas Judas Amir. (***)

ADVERTISEMENT