Pertahankan Swastisaba Wistara, Luwu Utara Libatkan Emak-emak Milenial

509
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat memberikan sambutan usai mengukuhkan Forum Kabupaten Sehat, Selasa (25/9), di Aula BAPPEDA.
ADVERTISEMENT

Masamba — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara, melalui Dinas Kesehatan, tengah mempersiapkan diri menghadapi Penilaian/Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi pada Oktober-November 2018 mendatang, serta Penilaian/Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional pada Juni-Juli 2019 mendatang.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Hal itu dilakukan mengingat Lutra salah satu peraih Penghargaan Kabupaten Sehat Predikat Tertinggi, Swastisaba Wistara, pada 2017. Dan raihan tersebut wajib dipertahankan. “Untuk mempertahankan predikat ini, kita akan mengusung model Kabupaten Sehat Milenial,” ungkap Kadis Kesehatan melalui Kabid Kesmas Anjas Rusli, Selasa (26/9), di Masamba.

ADVERTISEMENT

Model Kabupaten Sehat Milenial, kata Anjas, adalah sebuah model dengan melibatkan dan mendorong keterlibatan gender atau perempuan secara masif, mulai dari kabupaten sampai ke desa. “Ya, semuanya perempuan. Untuk itu, tema yang akan kita angkat nantinya adalah Emak-emak Green Lutra Sehat,” ungkap Anjas.

Anjas mengatakan, Pemda Lutra telah mengikuti Verifikasi Kabupatan Sehat sejak 2011 lalu, dan berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat di semua jenjang, mulai dari jenjang predikat terendah sampai tertinggi. “Luwu Utara selalu mengedepankan perubahan yang lebih baik, sehingga Kabupaten Sehat akan lebih berwarna,” ujar Anjas.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Bupati Indah Putri Indriani mengukuhkan Forum Kabupaten Sehat sebanyak 8 orang dan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di 9 Kecamatan di Aula BAPPEDA. Pengukuhan tersebut adalah bagian dari persiapan menyambut penilaian Kabupaten Sehat. Selain pengukuhan, juga dilaksanakan Rapat Pemantapan Penentuan 8 Tatanan Penilaian.

Kedelapan tatanan yang terpilih adalah: (1) Kawasan Permukiman Sarana dan Prasarana Sehat; (2) Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Pelayanan Transportasi; (3) Kawasan Pariwisata Sehat; (4) Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; (5) Kawasan Hutan Sehat; (6) Ketahanan Pangan dan Gizi; (7) Kehidupan Masyrakat yang Sehat dan Mandiri; serta (8) Kehidupan Sosial yang Sehat.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Indah dalam sambutannya berharap seluruh Perangkat Daerah bisa terlibat secara langsung memberikan kontribusi dalam menyambut verifikasi Kabupaten Sehat mendatang. “Semua harus saling mendukung. Kita tidak ingin hanya bagus di administrasi, tapi juga baik di lapangan. Perkuat komiten bahwa warga Lutra sehat dan sejahtera,” harap Indah. (har/man)

ADVERTISEMENT