Pertarungan Awal Jelang Pilkada Luwu Utara-Luwu Timur, Berebut Kursi Banteng

347
ADVERTISEMENT

MASAMBA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah mengambil ancang-ancang jelang pilkada 2020. Partai berlambang Banteng gemuk ini membuka pendaftaran bagi calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung di pilkada 2020. Termasuk di Luwu Utara dan Luwu Timur.

PDIP Luwu Utara hanya mengantongi dua kursi di DPRD setempat. Walaupun demikian partai ini menjadi magnet tersendiri. Sejumlah figur sudah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran pada pekan lalu. Itu artinya mereka serius dan adu kuat untuk berebut diusung PDIP. Mereka yang mendaftar antara lain, Indah Putri Indriani, Wakil Bupati Luwu Utara, Thahar Rum, Andi Rahim, Ketua Hanura, Andi Sukma dan lainnya.

Saat mengembalikan formulir, calon tersebut langsung mendatangi Sekretariat PDIP di Hotel Remaja, Masamba. Kecuali, Bupati petahana, Indah Putri Indriani yang mewakilkan kepada legislator Golkar, Husain.

Paket Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dan M Thahar Rum hampir pasti ‘pisah ranjang’ di pilkada. Usai mengembalikan formulir, Thahar Rum yang kini masih tercatat sebagai Ketua DPD Nasdem Luwu Utara berharap diusung PDIP.

ADVERTISEMENT

Koalisi Nasdem dan PDIP serta partai lainnya kata Thahar, diyakini bisa memenangkan pilkada walaupun berhadapan dengan Bupati Incumbent IDP. “Jujur saya sudah mau istirahat, tapi sangat banyak desakan dari masyarakat termasuk tokoh. Sehingga saya putuskan maju,” kata Thahar Rum.

Sementara itu, Andi Rahim juga berharap dapat diusung oleh PDIP. Menurutnya, PDIP punya track record sebagai pemenang di pilkada Luwu Utara. ” Partai ini juga punya basis massa yang khusus. Apalagi, PDIP adalah partai pemenang pileg dan pilpres,” kata mantan calon wakil bupati pada pilkada 2015 ini.

ADVERTISEMENT

Ketua Desk Pilkada PDIP Luwu Utara, Yakob Banne, mengatakan pihaknya mempersilahkan kepada seluruh figur yang sudah mendaftar untuk bersaing secara sehat. ” PDIP punya mekanisme tersendiri untuk mengusung calon di pilkada,” kata mantan anggota DPRD Luwu Utara ini. Setelah mengembalikan formulir calon tersebut akan menjalani uji kepatutan.

Pertarungan awal berebut tiga kursi PDIP juga tersaji di Luwu Timur. Yang menjadi perhatian adalah sosok Thoriq Husler dan Irwan Bachri Syam. Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur itu sudah mengembalikan formulir pendaftaran, pekan lalu. Saat mengembalikan formulir, Husler yang juga Ketua DPD II Golkar Luwu Timur ini ditemani Sekretarisnya, Andi Zulkarnain dan sejumlah pengurus Golkar.

“Semoga PDIP berkenan menerima saya dan bersama-sama sebagai partai pengusung,” kata Husler. “PDIP bangga dan hormat kepada bapak Thorig Husler karena datang mendaftar langsung ke partai kami tanpa diwakili,” kata Leonard yang juga Sekretaris PDIP Luwu Timur.

Sementara Irwan Bachri Syam, diwakili oleh Sekretaris Nasdem, Saharuddin saat mengembalikan formulir pekan lalu. Irwan adalah Ketua DPD Nasdem Lutim yang punya empat kursi. Jika Irwan yang dipilih PDIP maka koalisi dengan Nasdem sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan di pilkada Luwu Timur yang hanya mensyaratkan enam kursi. (adn)

ADVERTISEMENT