Perumda TM Palopo Terbaik di Sulsel

131
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Perumda Tirta Mangkaluku (TM) Kota Palopo meraih penghargaan pada kegiatan Top BUMD Awards yang diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness, di Hotel Raffles Jakarta Rabu (5/4/2022). Perumda TM Palopo dinilai punya kinerja baik dalam membangun kinerja bisnis dan layanan BUMD.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Institust Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa lembaga asosiasi serta konsultan bisnis lainnya. Penghargaan diterima oleh Walikota Palopo, HM Judas Amir didampingi Dirut Perumda, M Tawakkal, Direktur Operasional, Hamid dan Direktur Umum & Keuangan, Ris Akril. Hadir juga Assmen Perumda TM Palopo, Novitasari Basmin dan PLT Kadis Kominfo, Wahyuddin.

ADVERTISEMENT

Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023 yang juga pemimpin Majalah TopBusiness, M Lutfi Handayani mengatakan kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya. “Ini tahun ke delapan. Dan diikuti 208 BUMD SE Indonesia,” katanya.

Lutfi menjelaskan, Top BUMD Awards tidak hanya sekadar pemberian penghargaan. Tetapi ada aspek pembelajaran di dalamnya . “Kita bersama dari waktu ke waktu berupaya meningkatkan kinerja BUMD. Di sini kita bisa saling belajar dan sharing dengan BUMD lainnya,” katanya.

ADVERTISEMENT

“Kami berharap ke depan makin banyak BUMD hebat dan BUMD top yang meningkatkan kinerja sehingga berkonstribusi untuk kemajuan daerah dan nasional,” tambahnya. Dirut Perumda TM Palopo, M Tawakkal mengatakan tahapan mengikuti penghargaan ini cukup panjang. Ada draft dan blanko yang diisi serta wawancara.

“Yang dinyatakan lolos, lanjut ke tahapan selanjutnya,” kata Tawakkal. Tawakkal menyebut kinerja Perumda TM Palopo terus membaik dari tahun ke tahun. “Nilai kinerja perusahaan tahun buku 2021 berdasarkan indikator kinerja Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR adalah 3,66 atau masuk kategori Sehat. Dibandingkan tahun 2020, terdapat kenaikan nilai kinerja sebesar 0,17,” ujar M. Tawakkal.

ADVERTISEMENT

“Kenaikan nilai kinerja tersebut diperoleh dari aspek keuangan meningkat pada indikator cash ratio sebesar 0,06, aspek pelayanan meningkat pada indikator kualitas air pelanggan sebesar 0,07, dan aspek Sumber Daya Manusia meningkat pada indikator Rasio Diklat Pegawai/Peningkatan Kompetensi sebesar 0,04,” jelasnya.

Sedangkan di tingkat nasional, Perumda Air Minum Tirta Mangkaluku berhasil naik peringkat dari sebelumnya di posisi 49 ke posisi 33 dari 389 BUMD Air Minum se-Indonesia. Dengan penilaian kinerja mencakup 4 aspek yaitu Keuangan, Pelayanan,Operasional, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut M. Tawakkal keberhasilan Perumda Air Minum Tirta Mangkaluku menempati peringkat pertama BUMD Air Minum se-Sulawesi Selatan berkat kinerjanya yang membaik dari waktu ke waktu.

Dengan menjalankan sejumlah inovasi yaitu, “Kami memperbaiki SOP truk tangki dilengkapi dengan sistem GIS sehingga posisinya dan kecurangan pun berkurang. Sebelumnya, pendapatan dari penjualan air lewat truk tangki flat Rp4 juta, setelah perubahan sistem melonjak menjadi Rp20-30 juta,” ungkapnya.

Berikutnya, memperbaiki SOP pengambilan barang di gudang yaitu satu baru vs satu bekas. Juga penjualan aksesoris bekas menjadi sumber pendapatan lain-lain serta mengganti mekanisme kerja lembur dengan sistem lima hari kerja untuk layanan sub bisnis 24 jam (produksi, distribusi, PKA) sehingga terjadi efisiensi.

Direktur Umum & Keuangan, Ris Akril menambahkan, keberhasilan Perumda Air Minum Tirta Mangkaluku menempati peringkat pertama BUMD Air Minum se-Sulawesi Selatan juga berkat kinerjanya yang membaik.

Ia menjelaskan, berdasarkan versi BPP SPAM Kemenpu, skor kinerja Perumda TM Palopo tahun 2021 sebesar 3,66 meningkat menjadi, 3,77 di tahun 2022. Kemudian versi Kemendagri, tahun 2021 skornya 63 meningkat di tahun 2022 menjadi 68.

Kemudian hasil audit keuangan yg dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Agus, Indra & Jerry atas laba PDAM setelah pajak juga mengalami peningkatan yakni pada 2021 sebesar Rp1.431.503.699 meningkat menjadi Rp2.167.747.498 pada tahun 2022. Atau mengalami kenaikan sebesar Rp736.243.799. (rls/roy)

ADVERTISEMENT