Pesawat Lion Air yang Jatuh di Karawang Baru Beroperasi Sekitar 3 Bulan Terbang, Ini Data Faktanya

1538
ilustrasi
ilustrasi
ADVERTISEMENT

DUNIA penerbangan Tanah Air kembali berduka. Pesawat Lion Air JT 610 tujuan Pangkal Pinang jatuh di laut Karawang, Jawa Barat. Pesawat ini membawa sebanyak 189 orang penumpang dan kru.

Informasi dihimpun KORAN SeruYA, berdasarkan informasi Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, pesawat naas ini dikomandoi Capt. Bhavye Suneja dengan copilot Harvino bersama enam awak kabin atas nama Shintia Melina, Citra Noivita Anggelia, Alviani Hidayatul Solikha, Damayanti Simarmata, Mery Yulianda, dan Deny Maula.

ADVERTISEMENT

Kapten pilot Lion Air ini, menurut Danang, sudah memiliki jam terbang lebih dari 6.000 jam, dan copilot telah mempunyai jam terbang lebih dari 5.000 jam.

Pesawat tersebut memiliki regitrasi PK-LQP jenis Boieng 737 MAX 8. Pesawat ini buatan 2018, dan baru dioperasikan oleh Lion Air sejak 15 Agustus 2018. Pesawat sangat laik operasi karena baru sekitar tiga bulan beroperasi.

ADVERTISEMENT

Hal itu dibenarkan Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono. Menurut dia, kondisi Pesawat Lion Air JT 610 itu masih dalam kondisi baru.

 Puing pesawat dan barang penumpang yang ditemukan di perairan laut Karawang, Jawa Barat

Puing pesawat dan barang penumpang yang ditemukan di perairan laut Karawang, Jawa Barat

Jika disebutkan ada kerusakan teknis, KNKT mengungkapkan masih belum bisa menyimpulkan karena harus melalui tahap pemeriksaan. “Kondisi pesawat termasuk baru,” ujarnya, dalam keterangan pers, Senin (29/10/2018).

Sementara Kepala Basarnas mengatakan jumlah penumpang dan kru di dalam pesawat berjumlah 189 orang. Pesawat jenis boeing 737 Max 8 itu juga berisikan dua bayi bedasarkan data manifest pesawat.

Basarnas memastikan telah menemukan lokasi tempat pesawat Lion Air JT 610 di laut Karawang, Jawa Barat. Tim SAR telah meluncur ke arah lokasi dengan mengerahkan tiga kapal dan satu helikopter Basarnas.

“Sudah ditemukan,” ujar Humas Basarnas, Sinaga.

Hanya saja, tim belum bisa memastikan nasib penumpang yang berada di dalam pesawat.

Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang itu dijadwalkan lepas landas pada pukul 06.20 WIB. Selanjutnya, pesawat itu hilang kontak pukul 06.33 WIB. Direncanakan pesawat akan mendarat pada pukul 07.20 WIB. (*/cbd)

ADVERTISEMENT