Piala Asia U19 : Hujan Gol Tersaji di Laga Indonesia Vs Qatar

1339
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Laga kedua Indonesia U19 menghadapi Qatar di Piala Asia U19 berlangsung penuh dramatis. Hujan gol terjadi di stadion Gelora Bung Karno Minggu (21/10/18) malam.

Egy dkk terlihat keteteran di awal laga. Meski sempat menguasai jalannya pertandingan, mereka kecurian gol lewat kesalahan Nur Hidayat mengantisipasi bola di menit 11. Hashim Ali berhasil mencetak gol ke gawang yang dikawal M Riyandi.

ADVERTISEMENT

Tertinggal satu gol, Indonesia mulai kehilangan konsentrasi. Dua gol beruntun lagi-lagi lahir dari kesalahan pemain belakang timnas. Masing-masing di menit 14 dan 24 yang dicetak Abdul Shared dan Bayati. Skor 3-0 untuk Qatar.

Lini pertahanan yang begitu rapat membuat Indonesia U19 susah menembus jantung pertahanan Qatar. Indonesia mampu memperkecil ketertinggalan di menit 28 melalui melalui tendangan bebas yang dilesakkan Luthfi Kamal. Skor 3-1. Jelang 4 menit sebelum turun minum, Abdul Rashed kembali mencetak gol keduanya. Tendangan kerasnya kembali merobek gawang Indonesia. Wasit asal Thailand menutup babak pertama dengan skor 4-1.

ADVERTISEMENT

Babak kedua dimulai, Qatar kembali memperlebar jarak melalui gol kedua Hashim Ali di menit 51. Disusul hattrick Abdul Abdul Rashed di menit 56. Skor 6-1 untuk keunggulan Qatar.

Tertinggal jauh, anak asuhan Indra Sjafri tak mengendorkan serangan. Rafli yang berada di lini depan terlihat keawalahan menembus rapatnya pertahanan Qatar. Indra kemudian memasukkan Todd Ferre. Masuknya pemain asal Jayapura itu membuat serangan Indonesia mulai hidup. Skema serangan semakin tajam. Pergerakannya yang lincah membuatnya ia harus dijatuhkan diluar kotak pinalti di menit 64. Tendangan bebasnya mampu melewati pagar hidup. Gol kedua Indonesia tercipta. Skor 6-2.

Gol kedua ini membuat Garuda Nusantara bangkit. Lagi-lagi Todd Ferre mampu mengoyak pertahanan Qatar. Sayang ia harus dijatuhkan lagi di menit 69. Saddil yang menjadi algojo tendangan bebas juga mampu melaksanakn tugasnya. Skor 6-3. Tiga gol Indonesia lahir dari tendangan bebas.

Rivaldo Todd Ferre makin beringas. Pergerakan licinnya mampu merepotkan barisan pertahanan Qatar. Skil individunya di menit 73 dan 81 membuat Indonesia hanya tertinggal satu gol. Skor menjadi 6-5. Indonesia berusaha mengejar ketertinggalan, namun Qatar juga tidak tinggal diam dengan berusaha mengulur waktu. Skor 6-5 untuk kemenangan Qatar berakhir hingga laga usai.

Hasil ini membuat mimpi Indonesia makin berat lolos ke piala dunia tahun depan mewakili AFC. Mereka harus menang melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga terakhir Rabu mendatang dengan catatan Qatar takluk dari China Taipei. UEA kokoh di puncak klasemen dengan 6 poin setelah sebelumnya mengalahkan China Taipei. Sementara diurutan kedua ada Qatar disusul Indonesia dengan poin sama, yakni 3 poin. (asm)

ADVERTISEMENT