Semangat Membara, PSM Makassar Berhasil Tahan Imbang Bhayangkara FC 1-1, Usai Ketinggalan di Babak Pertama

84
ADVERTISEMENT

MALANG–Laga kedua di Grup B Piala Menpora 2021 mempertemukan PSM Makassar kontra Bhayangkara Solo FC yang digelar di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/3), berkesudahan 1-1.

Babak pertama, Bhayangkara lebih dulu unggul 0-1 atas PSM Makassar, lewat gol yang dilesakkan Arthur Bonai pada menit ke tujuh, dari depan tiang gawang PSM yang dijaga Hilmansyah.

ADVERTISEMENT

Gol berawal dari Renan Silva yang menjadi eksekutor tendangan bebas mampu memberikan umpan ke dalam kotak penalti.

Bola yang diterima Sani Rizki kembali diumpankan ke Arthur Bonai yang berada bebas di sisi kiri kotak penalti PSM Makassar.

ADVERTISEMENT

Lewat sontekan tenangnya, Arthur Bonai berhasil merobek gawang PSM Makassar yang dikawal Hilmansyah.

Pada menit ke-24, Bhayangkara Solo FC menarik keluar sang pencetak gol, Arthur Bonai. Dia gantikan Alsan Sanda. Andik Vermansah menebar ancaman ke gawang PSM Makassar pada menit ke-27.

ADVERTISEMENT

Andik yang mendapatkan ruang di dalam kotak penalti langsung melakukan sepakan keras ke gawang Hilmansyah.

Baik Bhayangkara FC maupun PSM Makassar menurunkan seluruh pemain terbaiknya. Di kubu PSM Makassar, Pelatih Syamsuddin Batolla menurunkan duet Ronaldo Wanma dan Zulham Zamrun di lini depan.

Sementara Bhayangkara FC mengandalkan Andik Vermmansyah dan Renan Silva di lini depan.

Tertinggal 0-1, PSM Makassar mencoba meningkatkan serangan. Mereka sempat mendapatkan beberapa peluang, namun penyelesaian akhir yang belum sempurna membuat mereka gagal mencetak gol.

Pada menit ke-31, Bhayangkara FC nyaris menambah keunggulan. Melalui serangan balik, Evan Dimas berhasil menggiring bola mendekati kotak penalti PSM Makassar. Dia pun memberikan umpan kepada Renan Silva yang menusuk di sisi kanan.

Apes bagi Bhayangkara FC, upaya Silva melepaskan tendangan ke arah gawang PSM Makassar masih melenceng jauh di atas mistar.

Lima menit berselang, Bhayangkara FC kembali mendapatkan peluang emas. Umpan tendangan bebas Renan Silva membuat kemelut di depan gawang PSM Makassar yang berakhir dengan sundulan Sani Rizki. Kali ini sundulan Sani masih dapat diamankan oleh penjaga gawang Hilmansyah.

Pada akhir babak pertama, PSM Makassar nyaris menyamakan kedudukan. Akan tetapi tendangan keras gelandang Abdul Rahman dari luar kotak penalti masih mengenai mistar gawang. Tendangan Sutanto Tan semenit berselang pun masih diselamatkan mistar gawang.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-1. Arthur Bonai membuat skuad asuhan Paul Munster unggul.

Babak Kedua PSM Ubah Kedudukan 1-1

Memasuki babak kedua, tempo serangan semakin tinggi.

Pada menit ke 49 sebuah tendangan kaki kiri Yakob Sayuri membuat Juku Eja menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari umpan akurat dari Hasyim Kipuw yang melalukan overlap, sodorkan ke Aji Kurniawan yang meneruskan bola ke kaki Yakob yang berdiri bebas di dekat tiang sebelah kanan kiper Agung Setho Raharjo.

Dengan hasil ini PSM masih kokoh di puncak grup B Piala Menpora, dengan nilai 4, dan di urutan ke 2 Bhayangkara Solo FC dengan nilai sama, tetapi selisih gol PSM lebih baik, karena sukses menghajar Persija 2-0 di laga awal, fase gugur.

Tonton videonya disini:

(*)

.

 

 

 

ADVERTISEMENT