Pilkades Serentak di Torut, 195 Personel Diturunkan

100

TORUT — Polres Tana Toraja akan menurunkan 195 personel dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 11 desa di Kecamatan Buntu Pepasan, yang digelar hari ini Senin (11/11/2019).

11 desa yang menyelenggarakan Pilkades tersebut yakni Desa Pangkung Batu, Desa Sarambu, Desa Talimbangan, Desa Roroan Bara-Bara, Desa Ponglu dan Desa Paonganan. Kemudian Desa Parandangan, Desa Ranteuma, Desa Pulu-Pulu, Desa Pengkaroan Manuk, dan Desa Batu Minanga.

Pasukan pengamanan ini diturunkan guna memastikan Pilkades tersebut berjalan lancar di tempat pemungutan suara (TPS) untuk mengawasi jalannya pemilihan.

“Polres Tana Toraja turunkan 195 personel dan disebar di 11 desa di Kecamatan Buntu Pepasan yang akan menggelar Pilkades serentak,” ujar Wakapolres Tana Toraja, Kompol Yacob Lobo.

Lanjut Kompol Yacob, setiap TPS yang melaksanakan pemungutan suara Pilkades akan ditempatkan personel pengamanan. Terdiri dari dua personel polisi, dua personel TNI, dua personel Satuan Polisi Pamong Praja, ditambah 11 personel BKO di masing-masing TPS.

Selain itu, pengamanan Pilkades serentak di 11 desa di Kecamatan Buntu Pepasan juga akan mendapatkan backup dua regu mobile Satuan Sabhara dan BKO Brimob. Menurut Yacob, personel pengamanan TPS dari Polres Tana Toraja akan tiba di lokasi pengamanan selambat-lambatnya satu hari sebelum pemungutan suara. Personel polisi pengamanan TPS akan dilengkapi kelengkapan standar pengamanan. ” Seluruh personel pengamanan Polres menempati TPS masing-masing H-1 atau 10 November dan dijadwalkan meninggalkan TPS pada H+2 atau setelah seluruh tahapan pemungutan suara selesai,” terangnya.

Perwira Menengah Polri itu menambahkan, setiap personel pengamanan Pilkades serentak di Kecamatan Buntu Pepasan, diinstruksikan untuk memberikan rasa simpatik kepada masyarakat selama bertugas di TPS. Personel polisi juga hanya bertugas hingga di pintu masuk TPS dan tidak dibenarkan masuk di dalam TPS tanpa ada permintaan dari Ketua KPPS. ” Semua pihak diharapkan tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban tetap kondusif hingga seluruh tahapan Pilkades serentak selesai,” pungkas Yacob. (Iys)