Pj Walikota Apresiasi Judas Amir Bangun Sirkuit Ratona, Asrul Sani: Layak Diberi Gelar Tokoh Otomotif Palopo

96
Pj Walikota Palopo, Asrul Sani bersama HM Judas Amir di acara pembukaan putaran final Sulawesi Cup Race (SCR) seri V di Sirkuit RMS, Sabtu (25/11/2023) malam.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Mantan Walikota Palopo dua periode, HM Judas Amir diberi gelar tokoh otomotif Kota Palopo. Gelar itu disematkan para pemerhati otomotif di Kota Palopo, saat malam pembukaan putaran final Sulawesi Cup Race (SCR) seri V di Sirkuit RMS, Sabtu (25/11/2023) malam. Penjabat (Pj) Walikota Palopo, Asrul Sani menilai, gelar tersebut layak diberikan kepada HM Judas Amir.

Penjabat Walikota Palopo, Asrul Sani mengapresiasi mantan Walikota Palopo dua periode, HM Judas Amir yang telah membangun Sirkuit Ratona Motor Sport (RMS) di Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo. Sebab, hadirnya sirkuit tersebut memberi banyak manfaat besar bagi Kota Palopo, terutama di sektor perekonomian.

ADVERTISEMENT

“Kita apresiasi mantan Walikota Palopo, Bapak HM Judas Amir yang telah membangun sirkuit Ratona. Perputaran ekonomi meningkat, hotel full, UMKM tumbuh sebagai dampak positif hadirnya sirkuit ini,” kata Asrul Sani dihadapan HM Judas Amir dan seluruh pebalap serta ribuan penonton yang memadati sirkuit RMS, saat malam pembukaan putaran final Sulawesi Cup Race (SCR) seri V di Sirkuit RMS, Sabtu (25/11/2023) malam.

Menurut Asrul Sani, tak salah jika HM Judas Amir yang telah membangun sirkuit RMS diberi gelar tokoh otomotif Kota Palopo dari para pecinta olahraga otomotif. “Tak salah dan sangat tepat Pak Judas Amir diberi gelar tokoh otomotif Palopo. Sebab,Pak Judas Amir yang menggagas hadirnya sirkuit RMS yang telah mendorong kemajuan perekonomian Kota Palopo,” kata Asrul Sani, disambut tepuk tangan para hadirin.

Dalam sambutannya, sebelum membuka secara resmi event akbar berskala nasional itu, Asrul Sani berharap, event balap berskala besar rutin dilaksanakan di sirkuit kebanggaan masyarakat Palopo tersebut. “Saya berharap ke depan, kegiatan ini rutin dilaksanakan. Sekali lagi, terimakasih kepada mantan walikota yang telah membangun sirkuit yang luar biasa ini,” ujar Asrul Sani.

Sementara itu, HM Judas Amir yang diundang khusus panitia penyelenggara Final SCR Seri V, mengaku ‘derajatnya’ diangkat karena diberi gelar tokoh otomotif Palopo. “Saya berterimakasih, mudah-mudahan kota yang sama kita cintai ini selalu diberi kesempatan untuk selalu menggelar segiatan seperti ini,” kata HM Judas Amir.

Judas Amir mengatakan, hadirnya sirkuit RMS di Kota Palopo sepatutnya diupayakan agar event balapan diadakan secara berkesinambungan agar memberi manfaat bagi kota ini, termasuk kepada masyarakatnya.

“Event balap mesti diadakan berkesinambungan. Sebab, sia-sialah bangunan ini yang sudah menelan biaya begitu besar. Tapi, kalau ini (sirkuit) berfungsi, maka bukan satu dua hal saja yang terpenuhi, pasti banyak. Apa itu, ada dalam bentuk hiburan, ada dalam bentuk pemasukan APBD, ekonomi masyarakat ikut bertumbuh, dan seterusnya,” ujar Judas Amir.

Final SCR Seri V berlangsung selama dua hari di Sirkuit RMS Palopo. Dari tanggal 25-26 November 2023. Sekitar 600 starter ambil bagian di ajang ini. Sebelumnya SCR seri III dan IV juga digelar di sirkuit milik Pemkot Palopo tersebut.

Diketahui, sirkuit RMS memiliki lintasan yang sangat panjang dan tikungan yang menantang. Panjang lintasannya 1,7 kilometer dengan 10 tikungan yang sangat menguji skill serta adenalin para pembalap. (***)

ADVERTISEMENT