Pj Walikota Berharap Keamanan Kota Palopo Terjaga Hingga Pilkada 2024

33
ADVERTISEMENT

PALOPO — Penjabat Walikota Palopo, Asrul Sani menghadiri buka puasa bersama pemerintah Kota Palopo, Forkopimda dan masyarakat, Sabtu (23/03/2024). Acara ini mengambil tema “Pemerintah Kota Palopo Berbagi Berkah Ramadhan”.

Pada kesempatan tersebut, Asrul Sani mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan terima kasih karena terlaksananya pemilu dan pilpres di Kota Palopo tanpa ada kendala. “Bukan berarti tidak ada masalah, akan tetapi semua itu bisa teratasi dengan baik berkat kolaborasi kita bersama,” kata Asrul Sani.

ADVERTISEMENT

Kepala Dinas DPMPTSP Sulsel ini berharap, kondisi serupa saat pelaksanaan pemilihan Wali Kota Palopo tahun 2024. Diketahui, Pilkada Palopo akan digelar pada November 2024 mendatang. Pilkada dipastikan berlangsung ketat. Itu karena tidak ada incumbent atau petahanan yang bertarung setelah walikota dua periode, HM Judas Amir berakhir masa jabatannya, September 2023 lalu.

Setiap pelaksanaan pilkada, Palopo masuk dalam zona merah. Itu karena adanya catatan kelam pada pilkada 2015 silam. Dimana, pasca pilkada terjadi kerusuhan yang menyebabkan Kantor Walikota dan sejumlah bangunan lainnya dibakar oleh massa.

ADVERTISEMENT

“Saya berharap kondisi yang aman seperti saat ini kita pertahankan sampai dengan pelaksanaan pemilihan Wali Kota. Tentunya ada yang menjadi PR buat kita semua terkait dengan netralitas ASN,” katanya.

Asrul Sani juga mengatakan selama beberapa bulan memimpin kota Palopo, sejumlah program nasional sudah dilaksanakan. Salah satunya adalah penanganan inflasi. “Alhamdulillah di Kota Palopo empat bulan terakhir, kita sudah menjaga dan menekan inflasi, Palopo terendah nasional dan terendah di Sulawesi Selatan. Tentu ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kota Palopo,” jelasnya.

Bukan hanya inflasi, kata Asrul, angka stunting juga sudah ditekan, di mana hari ini angka stunting lima besar terendah di Sulsel. “Kita masuk lima besar terendah di Sulsel. Saya berharap, program ini tetap kita lanjutkan untuk mewujudkan Kota Palopo menjadi zero stunting,” ungkapnya.

Acara buka puasa bersama diawali dengan lantunan Ayat Suci Al-qur’an kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada panti asuhan Ar-Rahman, Hidayatullah, Gugus Sehati, Halimatussa’diyah dan Opu Dg. Risaju.

Turut hadir pada kegiatan buka puasa bersama ini para Asisten, Forkopimda Kota Palopo, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan lurah. Selain itu, hadir pula pimpinan instansi vertikal, ketua perguruan tinggi se-Kota Palopo, serta para tamu undangan lainnya. (*)

ADVERTISEMENT