Pj Walikota Palopo Bawa Rombongan ke Batu Malang, Ingin Belajar Kelola Pariwisata

192
ADVERTISEMENT

MALANG — Penjabat Walikota Palopo, Asrul Sani bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Senin (23/10/2023). Rombongan diterima Walikota Batu, Aries Agung Paewai di Balaikota Among Tani.

Kunjungan ini untuk belajar pengelolaan wisata di daerah penghasil apel tersebut. Termasuk, untuk bertukar informasi dan pengalaman terkait pengelolaan dan penanganan persampahan, pengembangan wisata berbasis industri serta pola pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

ADVERTISEMENT

” Dipilihnya Kota Batu karena memiliki kesamaan dengan Kota Palopo. Karena sama-sama tumbuh dan berkembang berbasis pada layanan dan jasa,” kata Asrul. Hal senada diungkapkan oleh Walikota Batu Aries Agung Paewai. Ia mengaku dengan kesamaan wilayah, pihaknya siap berkolaborasi dengan Pemkot Palopo dalam rangka mewujudkan sister city.

” Kota Batu ini satu-satunya kota otonom yang memiliki wilayah pedesaan,” kata Agung. Dia menjelaskan, Kota Batu fokus pengembangan pembangunan pada sektor pertanian, pariwisata dan pembinaan UMKM. Ketiga sektor ini saling berkaitan satu dengan yang lain. Pemkot Batu juga fokus dalam pengelolaan persampahan. Sebab, menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Timur.

” Kami menyampaikan selamat datang kepada Pemkot Palopo yang melakukan studi tiru di wilayah kami,” katanya. Setelah diterima di Balaikota, Asrul Sani beserta rombongan melakukan kunjungan langsung ke sejumlah lokasi untuk melihat potensi yang dapat diterapkan di Kota Palopo.

Turut mendampingi dalam kunjungan selama 2 hari tersebut antara lain Sekda Palopo, Kadis LH, Kadis Koperasi, Kadis Pertanian, Kadis PTSP, Kadis Pariwisata, Ka.Bappeda, Ka.Balitbangda, Kadis Pertanahan, Kadis Tenaga kerja. (*)

ADVERTISEMENT