Pj Walikota Palopo Minta Orangtua Edukasi Anak Terkait Cinta Lingkungan

9
Pj Walikota Palopo, Asrul Sani
ADVERTISEMENT

PALOPO–Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Palopo, Nuryadin, SH.,MH., mewakili Pj Walikota Palopo, Asrul Sani membuka kegiatan lomba mewarnai dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dilaksanakan di Tribun Pancasila Kota Palopo, Minggu (09/06/2024) lalu.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo pada peringatan ini menggelar beberapa kegiatan, diantaranya lomba mewarnai dan donor darah dengan tema “Cintai Lingkunganmu Cintai Hidupmu”.

ADVERTISEMENT

Kelapa Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Emil Nugraha Salam, S.STP., MM., mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilaksanakan setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

“Tercatat ada tiga agenda yang akan dilaksanakan pada peringatan ini, yakin lomba mewarna dengan jumlah peserta sebanyak 96 orang terdiri dari tingkat TK dan tingkat SD,” kata Emil Anugrah.

ADVERTISEMENT

Kemudian, kata Emil, pelaksanaan donor darah serta pelaksanaan pemilihan duta lingkungan yang akan dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2024. “Inti dari pelaksanaan kegiatan ini yakin, ingin mengedukasi terkait pentingnya menjaga lingkungan sejak usia dini,” katanya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum, Nuryadin, dalam sambutannya mewakili Pj Walikotam Palopo, mengungkapkan, pengenalan dan penguatan sikap peduli terhadap lingkungan hidup hendaknya dilakukan secara kontinyu dan konkret.

ADVERTISEMENT

“Salah satu diantaranya adalah menginisiasi pembentukan komunitas peduli lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar, yang dapat dijadikan sebagai wadah komunikasi dan interaksi bagi para pelajar dan generasi muda,” kata Nuryadin.

Nuryadin menambahkan, Pj Walikota Palopo berpesan, bahwa keluarga adalah ranah pertama bagi anak-anak untuk mendapatkan edukasi tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup. “Karena itu, keteladanan kita sebagai orangtua sangat diharapkan dengan mengajarkan dan mencontohkan pada mereka, tentang praktik dan budaya peduli lingkungan,” katanya.

“Bangun dan dorong terus kesadaran mereka, khususnya dalam menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan hidup, setidaknya di area pekarangan rumah,” tandasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Forkopimda Kota Palopo, pimpinan perangkat daerah terkait dan perwakilan BUMD dan BUMN Kota Palopo, serta para tamu undangan lainnya. (***)

 

 

ADVERTISEMENT