PLN Palopo bersama FORKOPIMDA, Peringati Hari Lingkungan Sedunia lakukan Penanaman Mangrove dan Bersih Pantai

23
ADVERTISEMENT

PALOPO – Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo gelar kegiatan Penanaman Pohon Mangrove dan bersih – bersih Pantai yang berlokasi di Pantai Songka, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo,Kamis (13/06/2024).

Pj Walikota Palopo, Asrul Sani mengungkapkan bahwa kondisi bumi saat ini cukup memprihatinkan karena sekarang cuaca sudah tidak menentu akibat pemanasan global.

ADVERTISEMENT

“Pohon berperan penting dalam meredam gas rumah kaca yang menjadi penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Pohon berfungsi menyimpan karbon yang menjadi sumber utama penyebab pemanasan global” kata Asrul Sani.

Senada dengan hal itu Manajer PLN UP3 Palopo , Rathy Shinta Utami, Palopo yang turut hadir di kegiatan ini juga menyampaikan bahwa demi menjaga lingkungan hidup , PLN juga terus melakukan transisi energi dalam menghadapi perubahan iklim. PLN juga siap berkolaborasi dengan seluruh pihak guna mengurangi emisi karbon C02 yang menjadi penyebab pemanasan global.

ADVERTISEMENT

” Dukungan kita sebagai masyarakat, untuk mengurangi emisi karbon adalah dengan beralih menggunakan Kompor Induksi dan Kendaraan motor listrik ataupun sepeda listrik. Langkah ini sebagai upaya kita mendukung pemerintah Indonesia untuk mencapai target net zero emission 2060,” ujar Rathy.

Sementara itu ditempat yang sama Kelapa Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Emil Nugraha Salam menjelaskan bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilaksanakan setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya.Tercatat ada 3 agenda yang akan dilaksanakan pada peringatan ini yakni lomba mewarnai dengan jumlah peserta sebanyak 96 orang terdiri dari tingkat TK dan tingkat SD. Kemudian donor Darah yang telah dilaksanakan tanggal 9 Juni 2024 .

“Hari ini kami lakukan penanaman mangrove dan bersih – bersih pantai serta nanti pada bulan Juli 2024 akan di gelar pemilihan duta lingkungan ,”ujar Emil.(rls/jun)

ADVERTISEMENT