PLN UP3 Palopo Sosialisasikan Kompor Induksi, Adakan Electric Cooking Competition

29
ADVERTISEMENT

PALOPO–PT PLN UP3 Palopo menggelar Electric Cooking Competition mengusung tema kreasi makanan khas Palopo dengan kompor induksi di Lapangan Tennis Indoor SaokotaE, Selasa (28/5/2024).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi PT PLN UP3 Palopo dengan Pemerintah Kota Palopo, masih dalam rangka peringatan HUT Kota Palopo ke-22 tahun.

ADVERTISEMENT

Selain itu, kegiatan ini juga adalah sosialisasi kepada masyarakat untuk beralih ke energi bersih, salah satunya dengan menggunakan kompor induksi. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk meraih net zero emission di tahun 2060. Peserta cooking ini berasal dari unsur Forkopimda dan instansi di jajaran Pemkot Palopo. Setiap tim beranggotakan dua orang.

Kompor dan wajan yang disiapkan Panitia untuk perlombaan, diberikan kepada peserta sebagai hadian untuk dibawa pulang. Tak hanya itu PT PLN UP3 juga memberikan hadiah kepada peserta yang menjadi juara kali ini.

ADVERTISEMENT

Adapun juaranya, yakni Juara 4 diraih oleh Tim Asisten 2 Setda Kota Palopo, Ilham Hamid, Juara 3 oleh tim dari Kominfo, Juara 2 dan 1 direbut tim dari Kodim 1403 Palopo.

Manager PT PLN UP3 Palopo, Rathy shinta Utami mengatakan, kompor induksi memiliki banyak kelebihan, seperti tidak menimbulkan emisi dan tidak seperti kompor gas yang jika habis perlu diganti dengan gas baru.

ADVERTISEMENT

“Kompor induksi ini hanya perlu dicolok ke sumber listrik dan dari dari percobaan sebelumnya, ternyata kompor listrik ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan kompor konvensional lainnya,” katanya.

Rathy menguraikan, PT PLN tidak menjual kendaraan maupun kompor listrik/kompor induksi, tetapi pihaknya hanya membantu mensosialisasikan penggunaan kompor listrik sebagai alternatif gaya hidup yang lebih bersih dan efisien bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk aktivitas memasak. “Jadi kami sebatas sosialisasi saja,” katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Walikota Palopo Asrul Sani mengajak masyarakat untuk perlahan-perlahan beralih ke kompor listrik karena memiliki banyak kelebihan. (nada)

 

ADVERTISEMENT