Plt Kadis Perpustkaan Palopo Andi Enceng, 28 Tahun Jadi Abdi Negara, Teladan di Keluarga

238
Kepala Balitbangda Palopo, Andi Enceng. (Foto : Istimewa)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Nama Andi Enceng sudah tak asing lagi di telinga ASN Kota Palopo. Sebagai abdi negara, dia pernah bertugas dibeberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Palopo.

Saat ini, Andi Enceng masih diamanahkan menjadi kepala di dua SKPD Palopo. Dia memegang dua dinas, yakni Dinas Perpustakaan dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda).

Andi Enceng saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/1/2022) mengatakan awal karirnya dimulai tahun 1994. Saat itu dia berdinas di Badan Kepegawaian Kabupaten Luwu yang saat itu belum terpecah.

“Kemudian terangkat menjadi kepala Seksi Dinas Pendidikan bidang sarana sekolah. Setelah itu saya masuk juga di bagian umum tata usaha, terus kembali lagi di pegawaiaan. Setelah itu saya dapat amanah menjadi staf Kelurahan Amasanggan,” ungkap Andi Enceng.

ADVERTISEMENT

“Kemudian Luwu pecah dan saya masuk Palopo di bagian umum protokol. Setelah itu, saya menjabat Sektaris Dinas Parawisata bagian kebersihan, terus menjadi Plt Dinas Parawisata, kemudian Kepala Dinas Balitbangda dan terkahir Plt Dinas Perpustakaan,” sambungnya.

Di tengah kesibukannya sekarang, Andi Enceng memiliki hobi membuat hiasan bunga. Dia juga tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang ibu rumah tangga. Wanita itu selalu memberikan waktu untuk bersama buah hatinya. Begitu juga dengan hari libur, dia memanfaatkannya sebaik mungkin bersama keluarga.

Menurutnya, menjadi seorang wanita karir yang sukses diperlukan beberapa hal, salah satunya role model atau teladan di keluarga.

“Di keluarga, ayah dan ibu saya adalah abdi negara. Ayah saya adalah seorang ASN dan ibu saya mengemban amanah sebagai seorang anggota DPRD Kabupaten Luwu pada masa jabatannya,” katanya.

“Ibu saya begitu menginspirasi dan menjadi teladan bagi saya, karena di tengah kesibukannya dia tidak melupakan kewajibannya mengasuh anaknya yang berjumlah enam orang dan mengurus rumah tangga,” tambahnya.

Hal itulah yang memotivasi dirinya untuk menjadi wanita yang sukses dalam karir dan keluarga. “Dengan motivasi dari keluarga kita dapat mencapai yang terbaik dalam karir. Keluarga sumber motivasi kita,” tandasnya. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT