Plt Kadis PUPR: Arena Road Race Pertama di Tana Luwu Selangkah Lagi Hadir di Kota Palopo

2000
Gambar Ilustrasi sebuah arena Road Race. (Foto: Net)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Animo masyarakat yang begitu besar akan hadirnya sirkuit atau arena road race seperti yang telah diprogramkan Pemerintah Kota Palopo, nampaknya tak lama lagi terealisasi dan bukan sekedar wacana belaka.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Pasalnya, lelang penyusunan dokumen AMDAL kawasan arena road race tersebut kini telah tayang di Unit Kegiatan Pelelangan Barang dan Jasa (UKPBJ) LPSE. Sementara untuk kegiatan fisik yang sudah berjalan di UKPBJ/LPSE, antara lain empat paket di Dinas PUPR, tiga paket di Dinas Kesehatan, serta dua paket di RS dr Palammai Tandi ditambah pembangunan gedung PSC 119 UPTD JA.

Plt Kepala Dinas PUPR Palopo Ansar Dachri saat dihubungi Koran Seruya mengatakan, arena road race tersebut yang direncanakan dibangun di kawasan Padang Alipan atau bagian utara kota Palopo rencananya menelan anggaran untuk dokumen AMDALnya sendiri sebesar Rp357,2 juta (pagu anggaran) yang kini masih dalam tahap lelang di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di Sekretariat Pemkot Palopo.

“Ini masih berproses, karena masih sementara dalam tahapan lelang di PBJ Setda Palopo, itu kalau tidak salah tahapannya hingga 12 Agustus tahun ini sudah harus tanda tangan kontrak, sementara konsultan yang ikut tentu harus memenuhi beberapa persyaratan (kualifikasi) dan tidak boleh sembarangan, sedangkan untuk penyusunan feasibility studies Arena Road Race juga masih dalam lelang, nilai pagunya itu Rp278,3 juta,” terang Ansar.

ADVERTISEMENT

Ia berharap, dengan pembangunan Arena Road Race yang merupakan sarana dan fasilitas olahraga pertama di Tana Luwu dalam bidang otomotif itu, bisa mendatangkan income bagi daerah dalam sektor PAD, selain tentunya sebagai sarana olahraga dan rekreasi generasi muda yang selama ini lebih banyak memanfaatkan jalan umum sebagai arena balapan tidak resmi (baca: balapan liar) yang kerap mengganggu ketentraman warga, juga pengguna jalan, di samping sangat berbahaya bagi keselamatan para pebalap liar itu sendiri juga pengguna kendaraan lain.

“Ya tentu, karena ini sudah lama dinanti-nanti masyarakat, kita berharap arena ini bukan saja untuk memacu prestasi olahraga yang menyedot adrenalin kaum generasi muda tetapi lebih dari itu, semoga juga bisa menjadi sumber tambahan bagi PAD kota Palopo jika kelak nanti sudah jadi dibangun, meski tahapannya masih agak panjang, tapi kami optimis, karena ini sudah jadi harapan banyak kalangan,” sebut Ansar. (iys)

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

ADVERTISEMENT