Plt Kepala Bappeda Palopo, Raodahtul Jannah: dengan SIPD, Integrasi Data Lebih Terpadu dan Lebih Baik

105
ADVERTISEMENT

PALOPO–Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Palopo siap melakukan penyesuaian terhadap sistem baru dari Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) menuju Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Hal ini dikatakan Plt Kepala Bappeda Palopo, Raodahtul Jannah, Senin (27/7/2020) saat dihubungi KORAN SERUYA di ruang kerjanya di lantai II kantor walikota Palopo.

ADVERTISEMENT

Perubahan dengan integrasi data dari sistem lama kepada sistem baru ini nantinya, kata Raodah, sebagai langkah maju yang diterapkan Kementerian Dalam Negeri sesuai Permendagri nomor 70/2019 tentang SIPD.

“Kami di Bappeda dalam hal pembuatan perencanaan terkait dengan RKPD atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah kota Palopo Tahun Anggaran 2021, kini sudah menggunakan sistem baru tersebut melalui SIPD atau Sistem Informasi Pembangunan Daerah, sedangkan untuk penyusunan rencana APBD 2021 sudah disusun di tahun 2020 ini, tetapi itu sudah wilayah BPKAD, kami hanya di RKPD-nya saja,” ungkap Raodah.

ADVERTISEMENT

Raodah menegaskan kesiapan Bappeda Palopo dalam penerapan aplikasi dengan sistem baru itu, yang menurutnya jauh lebih baik dan sempurna karena data potensi dan manajemen perencanaan pembangunan dan keuangan daerah kini menjadi satu server di Kementerian Dalam Negeri, tidak lagi parsial, dimana tiap daerah memiliki aplikasi serupa tetapi dengan manajemen data yang terpisah atau masing-masing, tidak integral sebagai satu kesatuan yang bisa diakses secara bersama.(iys)

ADVERTISEMENT