Polisi Waspadai 12 Potensi Kerawanan Selama Natura, di Palopo Walikota Musnahkan Ratusan Liter Ballo

300
Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama unsur Forkominda Kota Palopo memusnahkan miras jenis ballo di acara gelar operasi lilin 2019 di Mapolres Palopo

PALOPO–Gelar Operasi Lilin 2019 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun 2020 (Natura) diadakan di Halaman Mapolres Palopo, Kamis (19/12/2019). Walikota Palopo, HM Judas Amir hadir mengikuti apel ini.

Kapolres Palopo, AKBP AKBP Alfian Nurnas dalam amanatnya membacakan sambutan seragam Kapolri, Jenderal Pol Idham Aziz, mengatakan, bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polri di Indonesia, yang bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan dalam rangka pengamanan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020.

AKBP Alfian mengatakan, Operasi Lilin 2019 adalah operasi Kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai Senin, 23 Desember 2019 sampai Hari Rabu mendatang, 1 Januari 2020.

“Titik fokus pengamanan 61.308 objek di seluruh Indonesia, baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara,” jelasnya.

“Operasi ini melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Pol PP, Dishub, Diskes, Pemadam Kebakaran, Linmas, dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Dalam amanat itu, AKBP Alfian mengatakan, berdasarkan prediksi intelijen terdapat 12 potensi kerawanan yang akan diantisipasi dalam Operasi Lilin 2019. Adapun potensi kerawanan itu, yakni aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalin, kecelakaan transportasi, swepping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, pesta narkoba dan minuman keras.

Usai pelaksanan apel, Walikota Palopo HM Judas Amir bersama unsur Forkominda Kota Palopo melakukan pemusnahan barang bukti miras (ballo) di Halaman Mapolres Palopo.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Palopo berpesan agar tetap mengantisipasi peredaran miras, karena mengkonsumsi miras dapat menimbulkan berbagai hal negatif, memicu hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, menutup rangkaian gelar operasi lilin 2019, diadakan show force kendaraan dinas keliling wilayah hukum Polres Palopo. (tari)