Pondok Pesantren Nurul Jadid Bua Gelar Kontes Robotik

554
Pondok Pesantren Nurul Jadid Bua yang berlokasi Desa Baroa Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu bekerja sama dengan Rumah Belajar Robot atau Rubero menggelar Kontes Robotik, Rabu 12 Juni 2024. Peserta berasal dari kelas 7 dan 8 yang merupakan anggota Ekstrakurikuler Robotik.
ADVERTISEMENT

LUWU — Pondok Pesantren Nurul Jadid Bua yang berlokasi Desa Baroa Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu bekerja sama dengan Rumah Belajar Robot atau Rubero menggelar Kontes Robotik, Rabu 12 Juni 2024. Peserta berasal dari kelas 7 dan 8 yang merupakan anggota Ekstrakurikuler Robotik.

Jumlah peserta yang ikut ambil bagian dalam kontes tersebut sebanyak 32 siswa. Terbagi dalam 16 tim masing-masing 3-4 siswa. Pemenang pertama dalam kontes ini adalah POT dengan operator Atiah Jilaan dan Qeyla Nuri Jaswan. Juara kedua diraih Tim Trynurbo dengan operator pasangan Andi Nur Fadiyah dan Nur Aqidah .

ADVERTISEMENT

Sementara juara ketiga diraih Tim Robotik Rosli oleh pasangan A Raden Pasya dan Nadin Tanisha. Robot yang ditampilkan peserta merupakan hasil rakitan sendiri dengan bimbingan Trainer Rubero selama enam bulan. Istimewanya, robot yang ditampilkan dalam kontes hanya dibuat dalam tiga hari.

Kepala MTS Nurul Jadid, Musdalifa Mustafa, mengatakan kegiatan ini sebagai ajang untuk meningkatkan semangat juang, kreativitas, inovasi, dan tentunya melatih kesabaran peserta didik. ” Ini juga merupakan visi dan misi sekolah yakni mampu menjawab tantangan zaman di era modern,” katanya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu salah satu pemenang kontes, Qeyla Nuri Jaswan, mengatakan kegiatan ini sangat menarik dan seru karena dirinya bisa meningkatkan wawasan terkait cara merakit, fungsi, cara menyambung kabel dan pengetahuan lainnya.

” Semoga ilmu yang kami dapat hari ini bisa digunakan di masa yang akan datang. Apalagi, kita melihat saat ini teknologi terus berkembang,” katanya. Salah seorang Trainer Rubero, Aprianus Isgal mengatakan pihaknya fokus pada edukasi yang diharapkan dengan kegiatan ini tumbuh talenta baru yang bukan hanya mampu menggunakan namun pandai menciptakan dengan kreasi dan ide yang mereka miliki.

Diketahui, Pondok Pesantren Nurul Jihad Bua berdiri sejak beberapa tahun lalu. Saat ini, sudah membuka penerimaan peserta didik baru baik untuk tingkatan Aliyah dan Tsanawiyah. (nad) 

ADVERTISEMENT