Pontap Juara III Lomba Kelurahan Tingkat Sulsel

1194
Lurah Pontap, Junita Anjar Lestari saat menerima tim penilai lomba kelurahan tingkat Sulsel pada Juli lalu.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kelurahan Pontap Kecamatan Wara Timur ditetapkan sebagai juara III pada lomba kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018. Keputusan itu ditetapkan oleh Gubernur Sulsel pada Jumat (14/9/18) lalu.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kota Palopo kalah bersaing dengan Kelurahan Sambung Jawa Kecamatan Mamajang, Kota Makassar yang keluar sebagai juara I. Sementara Juara II diraih oleh Kelurahan Watang Bacukiki Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Harapan I oleh Kelurahan Bajeng Kecamatan Patalassang Kabupaten Takalar, disusul harapan II dari Kelurahan Hasanuddin Kecamatan Mandai Kabupaten Maros.

Prestasi Kota Palopo di lomba ini boleh dikata naik satu trip dari tahun 2017 lalu. Palopo yang diwakili Kelurahan Dangerakko, Kecamatan Wara kala itu hanya meraih juara harapan I. “Kelurahan Pontap pada umumnya sudah bagus. Hanya saja kita kalah bersaing dari sisi pelayanan berbasis teknologi. Hasil ini menjadi semangat untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Lurah Pontap, Junita Anjar Lestari.

Informasi yang dihimpun, penyerahan hadiah termasuk dana stimulan kepada para pememang akan dilakukan pada Senin (24/9/18) mendatang di Makassar. “Infonya seperti itu, soal jumlah dana stimulan yang akan diterima Pontap, kita belum tahu,” katanya.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, pada Rabu (25/7/18) lalu, tim penilai Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 melakukan penilaian di Kelurahan Pontap. Lurah Pontap kala itu, Junita Anjar Lestari, menyampaikan Kelurahan Pontap, terletak di daerah pesisir yang sangat identik dengan wilayah kumuh dengan jumlah penduduk kurang lebih 5.800 jiwa.

Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan, Senton Irawan, menyampaikan, perlombaan kelurahan yang kita laksanakan setiap tahunnya merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, melalui rangkaian kegiatan evaluasi dan penilaian tingkat perkembangan kelurahan selama 2 (dua) tahun terakhir yang diselenggarakan secara berjenjang dan berkelanjutan.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Kata dia, peran partisipasi masyarakat harus di kedepankan sebagai bentuk ke arifan lokal untuk menjaga kebersihan, gotong royong, mengutamakan ibadah dan kebersamaan, toleransi. “Untuk itu, setelah pelaksanaan perlombaan kelurahan ini, pemerintah dan masyarakat Kelurahan Pontap di harapkan tetap meningkatkan upaya-upaya pembangunan dan pengelolaan pemerintahan yang lebih baik lagi,” ucapnya. (asm)

Hasil Lomba Kelurahan Tingkat Sulsel Tahun 2018

Juara I : Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar
Juara II : Kelurahan Watang Bacukiki Kecamatan Bacukiki Kota Parepare
Juara III : Kelurahan Pontap Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo
Harapan I : Kelurahan Bajeng Kecamatan Patalassang Kabupaten Takalar
Harapan II : Kelurahan Hasanuddin Kecamatan Mandai Kabupaten Maros

Hasil Lomba Desa Tingkat Sulsel Tahun 2018

Juara I : Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba
Juara II : Desa Lamattiriaja, Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai
Juara III : Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng
Harapan I : Desa Dandang, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara
Harapan II : Desa Bonto Sunggu, Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar
Harapan III : Desa Kanjilo, Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa

ADVERTISEMENT