PPKM Diperpanjang, Kelurahan Luminda Palopo Siap Bantu Warga Kurang Mampu

45
ADVERTISEMENT

PALOPO – Kelurahan Luminda, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo siap menjalankan surat edaran Pemerintah perihal perpanjangan PPKM di Kota Palopo. Hal ini diungkapkan Lurah Luminda, Adria Sigele saat ditemui di ruangannya, Kamis (12/8/2021).

“Kami dari Kelurahan Luminda, Kecamatan Wara Utara akan siap berkordinasi dengan satgas Kelurahan untuk menjalankan surat edaran mengenai PPKM,” ungkap Adria Sigele.

Adria mengaku siap membantu warga yang kurang mampu di wilayah yang dia pimpin. “Jika ada warga yang kurang mampu dalam hal ini imbasnya diterapkan PPKM, kami siap memberikan distribusi bantuan langsung,” katanya.

Diketahui, PPKM di Kota Palopo di perpanjang. Hal itu, baru-baru ini Pemerintah Kota Palopo melakukan Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada masa pandemi Covid-19. Perpanjangan itu berlaku hingga tanggal 23 Agustus 2021.

ADVERTISEMENT

Hal itu diketahui dari surat Surat Edaran bersama Nomor: 705/GT-PPC/VIII/2021 yang ditandatangani oleh Walikota, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 1403, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Kota Palopo pertanggal 10 Agustus 2021.

Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring/online. Sedangkan untuk kegiatan seni budaya, sosial keagamaan dan sosial kemasyarakatan yang menimbulkan kerumunan dapat diberikan izin dengan pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Upaya untuk menekan penularan wabah dari Wuhan China ini juga dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo. Dinas Kesehatan Palopo menargetkan sebanyak 2.400 orang divaksin setiap hari sepanjang bulan Agustus ini. Target tersebut sejalan dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo untuk kegiatan vaksinasi menangani penyebaran covid-19, memasuki minggu kedua bulan Agustus 2021.

Target tersebut terungkap dalam rapat koordinasi terkait kegiatan vaksinasi dalam menangani penyebaran Covid -19 di Kota Palopo serta rencana vaksinasi dosis ketiga bagi SDM kesehatan Kota Palopo Tahun 2021, di Ruang Pertemuan Ratona. Rapat ini dipimpin Walikota Palopo, HM Judas Amir.

Dalam rapat tersebut, Judas Amir menyampaikan, sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, bahwa bulan Agustus minggu kedua, seluruh daerah di Indonesia akan mendapatkan vaksin dari Pusat. Sehingga, kata dia, Presiden Jokowi memerintahkan kepada seluruh pemerintah daerah segera mempersiapkan tim terpadu untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga tersebut.

Khusus Kota Palopo, terungkap dalam rapat tersebut, Pemkot Palopo membuka 16 tempat pelaksanaan vaksinasi, menyebar di 9 kecamatan, diantaranya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) 12 Tim, TNI 2 Tim, Polres 1 Tim, dan Kantor Dinas Kesehatan Pelabuhan 1 Tim.

Sesuai target vaksinasi Kota Palopo, setiap tim atau tempat melaksanakan vaksinasi ditargetkan melayani 150 orang, maka dalam satu hari sebanyak 2.400 orang terlayani vaksinasi. Dalam satu bulan, target 20 hari, maka sekitar 48.000 orang yang bisa divaksin di Kota Palopo. “Kita harapkan, vaksinasi ini berjalan baik dan target bisa tercapai,” harap Judas Amir. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT