PREDIKSI! Italia Diunggulkan, Tapi Turki Siap Permalukan Gli Azzurri di Laga Pembuka Euro 2020

66
ADVERTISEMENT

ROMA–Laga pembuka atau kick off pertama Piala Eropa atau Euro 2020 akan dimulai, Sabtu (12/6/2021) dini hari, pukul 02:00 WIB. Turki akan menghadapi Italia pada laga pembuka Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma. Laga ini akan tayang dalam siaran langsung RCTI dan live streaming Mola TV.

Berdasarkan rekor head to head (h2h), Gli Azzurri lebih unggul daripada Turki. Namun, melakoni laga pertama turnamen besar bisa saja membuat tim-tim elite sekalipun kesulitan.

ADVERTISEMENT

Dalam EURO 2004, Portugal yang akhirnya menjadi finalis, takluk 1-2 dari Yunani di laga pembuka. Sementara itu, di EURO 2012, Spanyol hanya bermain imbang 1-1 dengan Italia pada laga perdana, meski kelak kembali bertemu di final.

Italia layak waspada dengan tren seperti itu. Apalagi Turki bukan tim sembarangan yang bisa dipandang sebelah mata. Di sisi lain, Roberto Mancini tak pernah menelan kekalahan dari negara-negara Eropa Tenggara sejak menukangi Italia pada 2018 lalu.

ADVERTISEMENT

Dari 32 pertandingan bersama Mancini sejauh ini, Azzurri total telah melakoni 7 pertandingan melawan 3 negara dari Eropa Tenggara yaitu Yunani, Bosnia, dan Moldova. Tercatat, 2 pertandingan melawan Yunani di ajang Kualifikasi Euro 2020 berakhir dengan kemenangan 3-0 dan 2-0.

Di ajang yang sama, Bosnia dikalahkan 2-1 dan 3-0. Moldova dikalahkan Italia 6-0 dalam laga persahabatan pada 2019. Sedangkan 2 pertandingan lain melawan Bosnia di UEFA Nations League 2020 selesai dengan skor 1-1 dan 2-0.

Kesimpulannya, Italia meraih 6 kemenangan dan 1 imbang melawan negara Eropa Tenggara pada era Mancini. Ini jadi modal bagus untuk kepercayaan diri para pemain jelang lawan Turki.

“Di atas lapangan, laga nanti tidak akan berjalan mudah. Apalagi kami akan bermain di pertandingan pertama dan itu akan menambah beban. Kami punya rasa hormat yang tinggi pada Turki karena mereka punya banyak pemain hebat,” kata Mancini.

Selain karena akan bermain di kandang sendiri, Italia juga akan diunggulkan karena faktor head to head. Dari 10 pertemuan yang telah terjadi diantara keduanya, Italia tidak pernah kalah. Total 7 kemenangan dan 3 imbang bisa diraih oleh juara Euro 1968 itu.

Dari banyaknya pertemuan tersebut, hanya sekali saja Turki dan Italia berjumpa di ajang Piala Eropa. Yakni di tahun 2000 ketika Italia menang 1-2 lewat gol Antonio Conte dan Filippo Inzaghi. Sedangkan gol balasan Turki dicetak oleh Okan Buruk.

Sementara itu meski tidak diunggulkan, Turki ingin membuat kejutan di laga perdana. Modal mereka tentu tidak terlalu buruk. Termasuk keberhasilan mengalahkan Belanda 4-2 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada bulan Maret lalu. “Kami belum pernah bisa mengalahkan Italia dan kami ingin merasakannya di laga nanti untuk pertama kali. Kami tahu bahwa kami bukan favorit disini. Tapi kami punya target untuk setidaknya lolos dari fase grup,” ujar pelatih Turki, Senol Gunes.

Bagi gelandang Turki, Hakan Calhanoglu, laga melawan Italia ini juga sangat spesial. Sebab, Calhanoglu akan menghadapi lawan yang tidak asing.

Calhanoglu jadi salah satu pemain Turki yang merumput di Liga Italia. Pemain timnas Turki lainnya yang juga berkarier di Serie A adalah Merih Demiral (Juventus) dan Kaan Ayhan (Sassuolo). “Ini akan jadi pertandingan spesial buat kami. Secara pribadi, makin spesial buat saya karena dimainkan di Italia,” ujar Calhanoglu dalam konferensi pers seperti dilansir Football Italia.

“Saya sangat senang akan menghadapi beberapa teman setim di klub. Kami sudah menunggu lama untuk momen ini dan bekerja sangat keras, karena kami berharap bisa mewakili Turki dengan terhormat.”

Calhanoglu menilai Italia punya kekuatan yang merata di setiap lini. Meski demikian, gelandang 27 tahun itu tidak gentar.

“Saya ditanya soal pemain-pemain Italia. Mereka punya beberapa penyerang yang sangat bagus seperti Lorenzo Insigne, tapi juga bek yang istimewa. Semua orang tahu betapa kuatnya Italia, mereka tidak butuh saya untuk memberi tahu soal ini, tapi kami ingin menang,” ucap Calhanoglu.

“Kami menganalisis kekuatan dan kelemahan, mereka punya pelatih yang kuat, tapi tidak mudah buat kami untuk sampai ke sini. Turki juga punya pemain-pemain yang kuat dan kami memprediksi pertandingan akan berjalan menarik,” katanya.

Prediksi Susunan Pemain

Turki:
Mert Gunok; Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Mert Muldur; OzanTufan, Okay Yokuslu; Hakan Calhanoglu, Cengiz Under, Yusuf Yazici; Burak Yilmaz. – Pelatih: Senol Gunes

Italia:
– Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Jorginho, Marco Verratti, Nicolo Barella; Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile.
– Pelatih: Roberto Mancini. (iys)

ADVERTISEMENT