PROFIL CALEG: Norma Yuni, Siap Perjuangkan Hak Perempuan di DPRD

2817
Norma Yuni
Norma Yuni

NAMANYA Norma Yuni. Ia adalah isteri Sekretaris Daerah (Sekda) Palopo, H. Jamaluddin Nuhung. Pada pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang, ia ikut maju bertarung merebut satu kursi di DPRD Palopo melalui Partai NasDem.

Sama dengan namanya, Norma merupakan perempuan yang paham akan kondisi lingkungan sosialnya. Ia maju pileg membawa misi besar memperjuangkan hak perempuan.

“Saya tidak sekadar maju, saya mau perjuangkan hak perempuan,” kata Norma saat ditemui Koran SeruYA Senin (23/7/18), di kediamannya.

Selain itu, ia juga ingin memperjuangkan kesetaraan gender. Ia menegaskan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan serta hak yang sama sebagai sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan lainnya.

Norma maju menjadi caleg lewat Partai NasDem. NasDem ia pilih karena partai tersebut kata dia membuka kesempatan yang selebar-lebarnya khususnya kepada kaum perempuan.

“Tentunya selain itu, NasDem memberlakukan politik tanpa mahar. Saya gabung NasDem tanpa bayar sedikitpun,” sebutnya.

Keinginan Norma maju ke kursi parlemen juga mendapat dukungan dari keluarga besarnya khususnya suami, Jamaluddin Nuhung. “Dukungan keluarga sangat berarti bagi saya. Bapak (Jamaluddin,red) sangat mensuport niat saya untuk maju sebagai caleg. Setelah mendapat restu dari bapak, saya langsung mendaftarkan diri di Nasdem,” pungkasnya.

Wanita bersahaja dan murah senyum itu akan bertarung di dapil III Kota Palopo yang meliputi Kecamatan Wara Selatan, Wara Timur dan Sendana. Di dapil ini, norma akan bersaing dengan 7 caleg lainnya, termasuk caleg incumbent Abdul Rauf Rahim. Norma mendapat nomor paling buncit di partainya, yakni nomor 8. Meski nomor buncit, namun menjadi satu kelebihan tersendiri karena cukup mudah ditemukan nantinya oleh pemilih. (liq)