Program KB Kesehatan Kodim 1403/SWG, Judas Amir Ingatkan Pentingnya Pendataan Keluarga

25
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pelaksanaan Program KB Kesehatan Kodim 1403/SWG Semester 1 Tahun 2021 dengan Tema “TNI Ada Bersama Rakyat Wujudkan keluarga Sehat Untuk Indonesia Kuat” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Palopo bekerjasama dengan BKKBN dan TNI 1403/SWG yang dilaksanakan di Rumkit TK IV, Senin 12 April 2021.

Laporan Kepala bidang KB Asdar Badaruddin, SH menyampaikan bahwa kegiatan Manunggal KB Kesehatan ini adalah merupakan kegiatan tahunan yang merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Palopo dengan BKKBN Kota Palopo dengan tujuan menciptakan kolaborasi dan kerjasama dengan Pemerintah, TNI dan BKKBN kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Dalam sambutannya, Dandim 1403/SWG yang dalam hal ini disampaikan oleh Kasdim 1403/SWG Mayor Kav Suparman mengatakan TNI Angkatan Darat ikut serta melaksanakan program KB Kesehatan bersama dengan seluruh instansi terkait.

Hal ini merupakan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan jumlah angka kelahiran dan pembinaan ketahanan keluarga yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.Keberhasilan program KB kesehatan akan menghasilkan SDM yang tangguh dan meningkatkan derajat ketahanan nasional serta mampu memberikan jaminan terhadap kesinambungan terhadap pembangunan nasional yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Oleh karena itu keberhasilan program KB akan berdampak pada peningkatan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan dan perekonomian sehingga keluarga kecil dan bahagia akan melembaga dengan baik dan mencegah kelahiran yang tidak diinginkan.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya pertahanan keluarga sebagai kekuatan mendasar dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional.

Sementara itu, Walikota Palopo Drs HM Judas Amir MH dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tujuan diadakan kegiatan ini tentu untuk masa depan bangsa karena program KB kesehatan ini program yang sangat menentukan masa depan kita.

Tercapai atau tidak program ini, itu semua tergantung cara kita inilah yang harus menjadi perhatian kita termasuk BKKBN untuk mengelola masalah KB ini karena ini bukan saja masalah KB Kesehatan tapi juga mengatur seluruh kehidupan keluarga.

Sehingga KB ini harus kita maknai dengan baik karena kegagalan kita ke depan jika KB ini tidak berhasil dan jika ini gagal maka negara juga ini gagal.

Untuk itu kita harus bekerja dengan baik seluruh program Pemerintah harus kita wujudkan secara baik.

Terkait pendataan BKKBN yang saat ini telah berjalan, maka data yang dikumpulkan tersebut merupakan data yang betul-betul sesuai karena hal tersebut ada kaitannya dengan perencanaan pemerintah karena akan salah perencanaan yang dibuat pemerintah kepada masyarakat, jika data tersebut tidak sesuai, tandas walikota.

Turut hadir Ketua TP PKK Kota Palopo dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes, Kapolsek Wara serta Pengurus Persit Chandra Kirana 1403/SWG.

(*)

ADVERTISEMENT