Program Mudik Gratis Pemkab Luwu Timur Bagi Warganya di Makassar

111
ADVERTISEMENT

MALILI — Pemkab Luwu Timur melaunching Program Mudik Gratis 2024 di Halaman Masjid Nurul Yakin Desa Wonorejo, Kecamatan Mangkutana, Sabtu (23/03/2024). Program ini sudah ditunggu oleh warga Luwu Timur di Makassar. Buktinya setelah Link dan Barcodenya dilaunching Budiman Bupati Luwu Timur, tak cukup satu jam dua ratusan lebih warga Luwu Timur yang mendaftar.

Bupati Luwu Timur Budiman mengatakan Program ini diadakan Pemerintah Luwu Timur sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap warga Luwu Timur yang berada di Makassar agar bisa pulang ke kampung halaman, berkumpul dan berlebaran dengan keluarga.

ADVERTISEMENT

” Tidak bisa dipungkiri alangkah bahagianya kita jika pada lebaran idul fitri semua sanak saudara bisa berkumpul kembali setelah terpisah jauh. Makanya program ini lahir semata – mata untuk membantu warga Luwu Timur agar bisa mudik dengan gratis ke Luwu Timur,” ujarnya.

“Hari Raya Idul Fitri adalah momentum untuk berkumpul dengan keluarga tercinta dirumah dan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Luwu Timur yang sedang kuliah, bersekolah, ataupun bekerja di Kota Makassar dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menyediakan layanan Mudik Gratis bagi masyarakat yang akan Mudik dan Balik dari Makassar ke Luwu Timur begitupun sebaliknya,” tambahnya.

ADVERTISEMENT

Mudik Gratis ini, lanjut Bupati, dimaksudkan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas dengan menyediakan transportasi massal. Selain itu, juga bertujuan untuk meringankan beban masyarakat saat mudik Hari Lebaran. “Jumlah kuota yang disediakan masing-masing sebanyak 420 seat untuk Mudik pada tanggal 7 dan 8 April 2024 dan 420 seat untuk Balik pada tanggal 15 April 2024, sehingga total Jumlah seat yang digunakan direncanakan sebanyak 840 seat,” tandas Budiman.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Luwu Timur, Arham Alqaf, pelepasan perdana Program Mudik Gratis ini dimulai 7 April 2024. Untuk satu buah Bus Alam Indah Tujuan Makassar – Luwu Timur. Kemudian pada 8 April 2024 giliran 6 Buah Bus Borlindo dilepas dari Makassar ke Luwu Timur.

Dijelaskannya, untuk Bus Alam Indah itu harga tiketnya Rp. 250.000 per orang, sedangkan Borlindo harga tiketnya Rp. 400.000 per orang. Ini semua yang ditanggung Pemerintah Luwu Timur sehingga bisa gratis pulang kampung.

” Rata – rata yang mendaftar mudik gratis ini berstatus Mahasiswa Luwu Timur yang kuliah di Makassar. Tentu kita patut bersyukur karena Bupati Kita Pak Budiman masih terus berbuat kebaikan untuk warganya sehingga program mudik gratis ini ada lagi,” katanya. (*)

ADVERTISEMENT