Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Satu Semester 22 Mahasiswa UM Palopo Belajar di Universitas Bosowa

481
Sebanyak 22 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Palopo mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka ke Universitas Bosowa. (Foto : Dok. Universitas Muhammadiyah Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sebanyak 22 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Palopo mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka ke Universitas Bosowa. UM Palopo sebagai Perguruan Tinggi pengelola hibah Merdeka belajar Kampus Merdeka melakukan aktivitas Pertukaran Mahasiswa Merdeka mengutus mahasiswa yang berasal dari prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen.

Ketua Prodi Akuntansi Halim Usman, SE, MSi, CSRS, CSRA, mengatakan program itu adalah pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebhinekaan dan sistem alih kredit sebanyak 20 sks.

“Melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, para mahasiswa bisa merasakan belajar di universitas lain yang bertujuan untuk membuka ruang pertemuan bagi mahasiswa untuk berjumpa, bercerita, dan berbagi,” katanya, Rabu (22/12/2021).

“Pertukaran Mahasiswa adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa di luar program studinya di Perguruan Tinggi asal maupun di Perguruan Tinggi lain di dalam negeri atau di luar negeri dengan beban belajar 20 SKS-40 SKS,” lanjutnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu Dosen Pembimbing, Dr. Antong, SE, M.Si, CPIA, mengatakan manfaat yang diproleh mahasiswa pada kegiatan tersebut adalah mendapatkan ilmu sesuai bidangnya.

“Mendapatkan pengetahuan dari dosen ahli dari kampus berbeda, mendapatkan pengalaman belajar secara kolaboratif lebih luas dan juga sebagai ajang membangun persahabatan dan persaudaraan antar mahasiswa lintas perguruan tinggi serta dapat saling memahami atmosfer akademik setiap kampus,” ungkapnya.

Pada kesempatan berbeda Dekan Fakultas ekonomi dan bisnis UM Palopo Hapid, SE, MM menyampaikan Pertukaran Mahasiswa kampus Merdeka memberikan kesempatan belajar di kampus lain dan mengeksplorasi keragaman budaya di perguruan tinggi lain maupun budaya daerah lain di Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan Kebijakan kampus merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat diikuti oleh mahasiswa dari semester 5 hingga semester 7. Melalui program ini, juga memungkinkan terjadinya pertukaran mahasiswa antarpulau baik dari PTN ke PTS maupun sebaliknya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT