Program Pertukaran Pelajar, Mahasiswa Asal Jepang Timba Ilmu di UMB Palopo

37
Program Pertukaran Pelajar, Mahasiswa Asal Jepang Timba Ilmu di UMB Palopo. (Foto : Dok. UMB Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Seorang mahasiswa dari Kanda University of International Studies Jepang bernama Nagisa ikuti program pertukaran pelajar di Universitas Mega Buana (UMB) Palopo ungkapkan kekagumannya kepada budaya Indonesia di Kota Palopo.

Tak terkecuali terhadap UMB Palopo tempat ia menimba ilmu. Banyak hal yang menarik yang tidak ada di negaranya yang ia jumpai ketika berada di Palopo.

ADVERTISEMENT

Menurut Nagisa, mahasiswa Jepang tersebut, selama kurang lebih 2 pekan di UMB Palopo , dirinya begitu merasakan perbedaan budaya cara belajar disini.

“Di UMB semua saling mengenal sehingga mudah untuk belajar bersama, dan atmosfir belajar mereka bagus,” kata Nagisa yang telah fasih berbahasa bahasa Indonesia saat diwawancara media, Selasa 13 September 2022.

Ia juga kagum dengan kekaraban dan kebersamaan mahasiswa dalam belajar begitu juga dosen yang ada di UMB Palopo. “Kalau di tempat saya itu sendiri, karena itu saya sangat senang disini punya banyak teman dan mereka sangat antusias dan cepat akrab,” katanya.

Gadis kelahiran tahun 2000 ini mengungkapkan UMB salah satu tempat belajar yang cukup baik dimana informasi itu ia dapatkan dari dosen kampusnya di Kanda University serta di sosial media.

“Alasan saya memilih UMB Palopo ini karena informasi dari dosen dan sosial media. Disini sangat menyenangkan,” katanya.

Selama berada di UMB Palopo, ia mengajarkan mahasiswa UMB bahasa jepang. “Saya berbagi dengan mahasiswa disini bahasa Jepang, mereka mengajarkan saya bahasa Indonesia termasuk juga bahasa lokal disini saya diajarkan, misalnya tabe, iye, dan kuliner lokal seperti pacco yang belum saya cicipi,” tuturnya tersenyum di ruang perpustakaan UMB Palopo.

Bagi Mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia ini, di UMB salah satu pengalaman sangat baik baginya yang tidak ditemukan di negaranya.

Terkait fasilitas, menurut Nagisa fasilitas belajar di UMB Palopo terbilang lengkap. “Meski tidak banyak tapi disini lengkap, di tempat saya itu banyak karena jumlah mahasiswa yang sangat banyak, tetapi disini bagus karena bisa bertukar informasi dengan orang-orang, di tempat saya, sendiri sendiri,” tuturnya.

Diketahui, Nagisa, mahasiswa Kanda University of International Studies, Japan mengikuti proses pertukaran pelajar di Indonesia dan memilih UMB Palopo, dimana saat ini sedang berjalan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Rektor UMB Palopo, Dr Hj Nilawati Uly saat diwawancara menjelaskan bahwa melalui program ini mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran di luar dari Program Studinya dan mengikuti pembelajaran di luar kampus atau di Perguruan Tinggi lain seperti pertukaran mahasiswa dengan Otemae University Jepang.

“Nah, yang ada di UMB ini adalah mahasiswa dari Kanda University Tokyo mengikuti program pertukaran mahasiswa di UMB, program MBKM juga dilaksanakan mahasiswa dengan magang di instansi pemerintah dan swasta,” katanya.

Sekadar diketahui, Universitas Mega Buana sejak awal berdiri pada tahun 2009 telah memprogramkan pembelajaran singkat bagi mahasiswanya ke Luar Negeri melalui program short course. Disini mahasiswa juga telah mengunjungi beberapa Rumah Sakit, layanan Kesehatan dan Perguruan Tinggi di Malaysia, Singapura, Thailand, China, Jepang dan Korea Selatan. (yonk)

ADVERTISEMENT