Program PISEW 2022 di Luwu Utara Rampung, Tahun Depan Bakal Ada Penambahan

42
Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun Anggaran 2022 akhirnya rampung. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun Anggaran 2022 akhirnya rampung. Ada lima kecamatan di kabupaten Luwu Utara yang mendapat program PISEW tahun ini, yaitu Sukamaju Selatan, Bonebone, Rongkong, Seko dan Rampi.

Rinciannya adalah di kecamatan Sukamaju Selatan terdapat pengerjaan pentaludan sepanjang 538 meter, perintisan jalan sepanjang 4.330 meter, pengerasan jalan sepanjang 2.109 meter, penyediaan serta drainase sepanjang 140 meter. Sementara di kecamatan Bonebone, terdapat pengerjaan 1 unit plat dekker.

ADVERTISEMENT

Untuk kecamatan Rongkong, dilakukan pelebaran jalan tani sepanjang 608 meter, pengerjaan talud sepanjang 45 meter dan pengerjaan bronjong sepanjang 77 meter di dusun Lowarang. Dilakukan pula pengerjaan bronjong di dusun Uri sepanjang 16 meter dan penyediaan saluran pembawa Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sepanjang 105 meter.

Sementara di kecamatan Seko sendiri dilakukan pengerasan jalan di desa Padang Raya dan desa Lodang masing-masing sepanjang 1.050 meter dan 1.000 meter, serta penyediaan talud dan 6 unit plat dekker. Sementara di Rampi dilakukan pengerasan jalan sepanjang 2.035 meter.

ADVERTISEMENT

Program PISEW Tahun Anggaran (TA) 2022 ini terlaksana berkat sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara dan Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja (Satker) Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Sulawesi Selatan TA 2022.

Bupati Indah Putri Indriani tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian PUPR melalui Balai Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan atas pelaksanaan program PISEW di kabupaten Luwu Utara.

ADVERTISEMENT

“Atas nama Pemda Luwu Utara, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR melalui Balai Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan, bahwa dengan adanya program PISEW di Luwu Utara yang kegiatannya alhamdulillah makin lama makin bertambah,” kata Indah saat membuka Pertemuan Kecamatan II (PK II), di Ruang Command Center Kantor Bupati, Jumat (9/12/2022)

Bupati Indah Putri Indriani mengungkapkan, pada tahun berikutnya, pelaksanaan program PISEW akan bertambah. “Saya diberi informasi bahwa tahun depan ada penambahan secara keseluruhan, dari 53 menjadi 130. Kemungkinan besar, tahun depan juga sudah bisa masuk ke wilayah kelurahan,” ungkap dia.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini berharap, melalui program PISEW, infrastruktur dasar untuk skala wilayah kecamatan yang telah terbangun di sejumlah titik di lima kecamatan ini dapat mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal.

“Semoga dengan hasil evaluasi yang dianggap baik ini, memudahkan kita mengusulkan lagi untuk mendapatkan alokasi yang sama di titik yang berbeda. Mungkin di tahun selanjutnya kita upayakan untuk daerah yang membutuhkan, yang dampaknya bisa lebih memberikan manfaat pada sosial ekonomi kita,” tambahnya.

Dengan terbangunnya sejumlah infrastruktur tersebut, Bupati Luwu Utara dua periode ini berpesan agar para Camat dari lima sasaran program dapat memfasilitasi pembentukan tim atau kelompok pemelihara.

“Kekurangan paling besar di negeri ini secara umum, bukanlah di pembangunannya, tetapi di pemeliharaannya. Jadi, banyak infrastruktur yang telah dibangun, tetapi terkadang dibiarkan begitu saja,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, yang paling penting adalah bagaimana menjaga dan memelihara apa yang sudah dibangun. Kata dia lagi, bahwa dengan pemeliharaan dan pemanfaatan yang baik, maka infrastruktur pun bisa digunakan dan dirasakan lebih lama lagi.

“Karena skemanya adalah swadaya atau dasar pendekatannya adalah pemberdayaan yang dilakukan oleh masyarakat, maka kami juga berharap pemeliharaannya pun demikian. Jadi, tidak perlu menunggu dari kabupaten,” harapnya lagi.

Sebelumnya, PPK Balai Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Sulsel wilayah I, Anugerah, menyebutkan bahwa pemilihan lima kecamatan ini diusulkan oleh anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi

“Sebuah kesyukuran yang luar biasa, karena hasil pekerjaan infrastruktur ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Luwu Utara. Kita juga ucapkan terima kasih kepada bapak Muhammad Fauzi selaku anggota DPR-RI Komisi V yang sudah mengusulkan 5 kecamatan ini untuk program PISEW tahun 2022,” ungkap dia.

Turut hadir pada pertemuan ini, Kadis PUTRPKP2 Muharwan, Kepala Bappelitbangda Alauddin Sukri, Kepala BPKAD Baharuddin Nurdin, Tim POKJA PKP Luwu Utara, Camat Rampi Andi Rachmat, Camat Sukamaju Selatan Fatmawati, Camat Rongkong Sofyan Tandi Siolanan, Camat Seko Akbal Ali, dan Sekcam Bonebone Arman. (ZJA/LH)

ADVERTISEMENT