Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SMPN 1 Palopo Terapkan Konsep Literasi

109
Siswa SMPN 1 Palopo melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan konsep literasi. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Siswa SMPN 1 Palopo melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan konsep literasi.

Projek penguatan profil pelajar pancasila adalah kegiatan kurikuler yang yang dilaksanakan sekolah yang merapkan kurikulum Merdeka.

ADVERTISEMENT

Setiap siswa harus mengikuti 3 tema dalam 1 tahun pelajaran. Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakn berdasarkan tema yang sudah ditentukan pemerintah.

Tema yang dilaksanakan di SMPN 1 Palopo ada 3 yang secara paralel dilaksanakan. Pertama tema gaya kehidupan berkelanjutan dengan topik sekolah rumah keduaku.

ADVERTISEMENT

Kedua, tema kearifan lokal dengan topik eksplorasi tabaro dan tema 3 bangunlah jiwa raganya dengan topik kesejahteraan diri.

Hal itu diungkapkan Andyka Prawiro Wakasek Kurikulum SMPN 1 Palopo.

ADVERTISEMENT

Dia mengatakan SMPN 1 Palopo berada pada minggu kedua pelaksanaan. Mereka telah melakukan literasi konsep di bawah bimbingan guru dan melakukan outing class pada tanggal 8 November untuk tema pertama dan kedua.

“Sedangakan tema ketiga akan melakukan meet and greet dengan ahli psikologi. Hal tersebut dilakukan untuk membandingkan informasi literasi dan pengamatan lapangan murid,” jelasnya.

Ia menambahkan kegiatan P5 dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober hingga 19 November 2022 selama satu tahun ajaran dengan alokasi waktu 360 jam pembelajaran.

“Kegiatan dilakukan dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan dari lingkungan sekitar peserta didik di luar kegiatan intrakurikuler. Pelaksanaannya dilakukan di dalam dan di luar kelas, bahkan dilakukan luar sekolah dengan melakukan field trip atau outing class,” ujarnya.

“Manfaatnya adalah memberikan pengalaman belajar kepada murid berupa kontekstualisasi lingkungan sekolah murid dengan mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT