PT IMIP akan Berhentikan Pekerja Asal China, Upaya Antisipasi Penyebaran Virus Corona?

28779
Pekerja asing PT IMIP di Morowali. (ft/ist)

PALU–PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, berencana memberhentikan TKA asal Wuhan, China, untuk cegah penyebaran virus Corona. Sebanyak 3.000 TKA akan diidentifikasi kembali guna mencari TKA asal Wuhan.

Langkah pemberhentian pekerja asing tersebut diawali sejak kabar wabah virus Corona menyebar hingga di Indonesia. Yang mana saat ini diketahui 56 orang meninggal dunia dan 1.300 orang terinfeksi virus Corona di China.

“Saya rasa ini adalah salah satu putusan yang tepat untuk mencegah masuknya virus corona dari China ke Indonesia, khususnya di Morowali,” ungkap koordinator Humas PT IMIP Dedi Kurniawan dilansir KORAN SERUYA dari detikcom, Minggu (26/1/2020.

Pendataan identifikasi TKA dan screening pekerja yang berasal dari Wuhan dilakukan kembali, dengan tujuan akan memberhentikan penerimaan TKA yang bekerja di kawasan IMIP.

Selain itu, pencegahan lainnya terkait penyebaran virus Corona adalah pemeriksaan menggunakan alat pendeteksi serta alat pengukur suhu tubuh secara berlapis.

“Semua TKA yang dipekerjakan di Morowali akan transit di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. Semua akan diperiksa terkait upaya pencegahan virus Corona. Setelah tiba di Bandara Morowali, semua TKA kembali dilakukan pemeriksaan secara berlangsung dan diterapkan pada setiap harinya sebelum memulai aktivitas,” tutur Dedi.

BACA JUGA

Mahasiswi di Palopo Terancam Penjara 10 Tahun Gegara Aborsi, Ini Videonya Saat Diamankan Polisi

Hingga saat ini, tak seorang pun TKA yang terinfeksi virus Corona selama dilakukan pemeriksaan oleh tim medical check up (MCU), dan dipastikan aman. (*/tari)