PT Masmindo Buka Kuliah Umum di SMK Negeri 2 Luwu

286
Program kuliah umum oleh PT Masmindo di SMK Negeri 2 Luwu. (Foto: Dok Masmindo /Mat)
ADVERTISEMENT

Belopa – Jika biasanya kuliah umum dilakukan di Universitas. Namun kali ini justru hal berbeda yang dilakukan oleh PT Masmindo Dwi Area, gelar program kuliah umum di SMK Negeri 2 Luwu, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu.

Program kuliah umum PT Masmindo, kali ini menyasar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Materinya adalah menjelaskan soal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Waktu pelaksanaanya mulai 12 Januari – 12 Februari 2022 dan rutin dilaksanakan setiap hari Selasa.

Dikatakan, Mustafa Ibrahim, Kepala Teknik Tambang & Site Manager PT Masmindo. Program kuliah umum ini melibatkan enam jurusan berbeda yakni Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pemesinan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik & Bisnis Sepeda Motor, Otomasi Perkantoran, dan Teknik Komputer Jaringan.

“Kuliah Umum K3 ini dibawakan oleh Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja PT Masmindo. Kami ingin berbagi ilmu tentang sejarah K3 di Indonesia. Tentang tujuan dan budaya K3. Bagaimana mengidentifikasi bahaya, cara mengelola risiko, baik di dunia industri maupun di kehidupan sehari-hari” ujar Mustafa Ibrahim, Senin (31/01/22).

ADVERTISEMENT

“Kuliah umum K3 di SMK Negeri 2 Luwu ini, merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Masminddo di Bidang Pendidikan yang dilakukan secara berkala” tambah Mustafa.

Tak kurang 280 siswa, ikut serta dari keenam jurusan tersebut. Jalannya program tersebut siswa diberikan materi dan pemahaman tentang K3 pembelajaran dengan tatap muka langsung di ruang kelas.

Dalam setiap sesi diadakan dialog, tanya jawab, kerja kelompok, dan quiz. Hal itu diambil untuk lebih merangsang minat belajar guna mengukur daya tangkap siswa.

Sementara itu, Drs Ahmad, Kepala SMK Negeri 2 Luwu memuji dukungan atas program PT Masmindo tersebut.

“Kuliah umum ini merupakan kontribusi PT Masmindo dalam menjembatani jurang antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Kami sangat menghargai komitmen MDA untuk mendukung pendidikan di Kabupaten Luwu,” jelas Ahmad (*/Mat) 

 

ADVERTISEMENT