PT Masmindo Dwi Area Gelar Sosialisasi Edukasi Protkes Covid-19 dan Pengobatan Gratis di Delapan Desa

95
ADVERTISEMENT

BELOPA – Perusahaan tambang emas PT. Masmindo Dwi Area (MDA) gelar program sosialisasi edukasi pencegahan Covid-19 di delapan desa yakni Desa Kadundung, Tobarru, Ranteballa, Boneposi, Tolajuk, Ulusalu, Pajang dan Tabang, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

Program itu digelar untuk karyawan PT MDA serta masyarakat setempat guna menjaga disiplin kebersihan pribadi, melakukan edukasi mengenai resiko penularan Covid-19 dan cara pencegahannya.

Tak hanya itu, PT MDA juga menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Luwu. Kepada awak media, Senior Community Development PT MDA, Latif Supriadi, mengatakan masyarakat lingkar tambang merupakan bagian penting dari aktifitas operasi awak mas, sebagian besar karyawan kami berasal dari Desa-desa terdekat disini dan kesehatan warga menjadi salah satu perhatian utama kami.

Program kegiatan edukasi pencegahan Covid-19 ini berlangsung selama 29 – 31 Januari 2021. Dibarengi dengan kegiatan program pengobatan gratis dan pembagian 1.600 masker kepada warga setempat.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, Latif Supriadi, mangatakan untuk pengobatan gratis tersebut sudah berjalan dari bulan Juni lalu. Program pengobatan gratis utamanya menargetkan pelayanan kesehatan bagi lansia dan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi anak balita untuk mencegah gangguan pertumbuhan akibat kurang gizi.

Sekitar 400 orang warga dapat kesempatan konsultasi langsung dengan dokter, mendapatkan obat-obatan dan vitamin.

Perusahaan PT MDA sendiri secara rutin menjalankan program kesehatan dengan menyumbang logistik, masker, pakaian biohazard ke klinik lokal di Desa Ranteballa. Sumbangan suplement sehat untuk ibu hamil dan vaksinasi hepatitis B kepada warga lingkar tambang.

” Program kesehatan merupakan bagian dari rencana Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), dimasa pandemi ini, Masmindo Dwi Area akan terus berupaya membangun kesadaran masyarakat mengenai resiko Covid-19 karena kami sendiri telah menetapkan protokol yang ketat dan penanganan pandemi “. Jelas, Latif Supriadi.

Adapun langkah-langkah yang diterpakan PT MDA dalam protokol kesehatan yakni melakukan karantina, tes antigen sebelum memasuki lokasi site, penyemprotan disinfektan di area kerja, penyiagaan paramedik atas kerjasama para dokter rumah sakit Belopa dan Makassar. Bahkan protokol kesehatan yang diterkapkan, dapat dikatan melebihi standar nasional yang diterapkan oleh pemerintah. (Mat)

ADVERTISEMENT