PT Masmindo Dwi Area Lepas Bibit Ikan ke Sungai Songgang Luwu di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

209
ADVERTISEMENT

LUWU — Peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2020. Perusahaan emas PT. Masmindo Dwi Area (PT.MDA) juga ikut andil dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia dengan mengusung tema “Memahami Bagaimana Setiap Mahluk Hidup Saling Terhubung Dalam Jaring Kehidupan dan Bagaimana Perilaku Kita Terhadap Alam Sekitar”.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Kegiatan digelar di Desa Rante Balla, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Jumat, (5/6/2020).

ADVERTISEMENT

Dalam kegiatan tesebut dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Luwu, Andi Pangeran, Kepala Satpol PP Luwu, Andi Iskandar, Ketua Forum Kabupaten Sehat Luwu, Hayarna Basmin, Ketua MPC Pancasila Luwu, Camat Latimojong, Supriadi, Kades Rante Balla, Irfan ,Danramil Latimojong, Mursalim dan Tokoh Adat Masyarakat.

Memperingati hari lingkungan hidup sedunia dengan revitalisasi sungai songgang untuk masa depan masyarakat Kabupaten Luwu.

ADVERTISEMENT

Hal tersebut dikatakan langsung Site Manager PT. Masmindo, Heru Widyanarto.

“Kami tetap menjaga kelestarian sungai dengan merevitalisasi tanpa mencemari, dalam jaring kehidupan bagaimana perilaku kita terhadap alam disekitar kita,” ujar Site Manager PT. Masmindo dalam sambutannya.

Lebih lanjut Site Manager PT. Masmindo mengatakan, wujud kepedulian terhadap alam di hari lingkungan hidup sedunia PT. MDA melepas sebanyak 21 ribu ekor jenis ikan lele , mas, nila dan mujair ke sungai songgang.

“Beberapa puluh tahun lalu kita masih bisa melihat atau bahkan menangkap ikan disini, tapi akhir-akhir ini hal tersebut nampaknya mulai sulit kita temukan, maka dari itu betuk kepedulian kita bersama dengan kembali melepas 21 ribu ekor bibit ikan ke sungai songgang untuk masa depan anak cucu kita masyarakat kabupaten luwu khusunya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Luwu, Andi Pangeran, mengatakan, Sungai Songgang adalah sumber kehidupan masyarakat Kabupaten Luwu utamanya bagian hilir.

Kita akan buktikan dengan mengambil sampel tes air sungai Songgang untuk diuji laboraturium. Hasil tes sampelnya kita akan umumkan, ini juga sekaligus menepis image ke masyarakat selama ini mengatakan PT. Masmindo di puncak gunung mencemari alam.

“Ada 2 tujuan, pertama uji laboraturium sampel air sungai Songgang, kedua apakah jenis ikan akan bertahan hidup lebih lama jika iya maka sungai masih bebas dari limbah kita buktikan , untuk menepis image ke masyarakat yang selama ini mengatakan ada pencemaran lingkungan dari PT.Masmindo,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Luwu.

Hal senada juga dikatakan Ketua Forum Kabupaten Sehat Luwu, Hayarna Basmin. PT. Masmindo adalah mitra kerja yang baik pemerintah, telah banyak memberikan kontribusi positif untuk daerah.

“Patut kita memberi apresiasi kepada PT. Masmindo, telah banyak memberikan kontribusi positif kepada daerah khusunya wilayah Rant Balla, tanpa mencemari alam,” ungkap Ketua Forum Kabupaten Sehat Luwu.

Di pengujung kegiatan dilakukan penyerahan baju simbolis peringatan hari lingkungan hidup sedunia oleh Site Manager PT. Masmindo kepada Ketua Forum Kabupaten Sehat Luwu, dan pelepasan 21 ribu jenis ikan ke sungai songgang. (Mat)

ADVERTISEMENT