Punya Daya Pikat Luar Biasa, Gerindra Tawari Basmin Mattayang Nyaleg DPR RI

339
Bupati Luwu, Basmin Mattayang
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Pesta demokrasi lima tahunan berlabel Pemilu 2024 memang masih menyisahkan waktu sekitar dua tahunan lagi. Namun, saat ini sudah memasuki tahap ‘suksesi’ sehingga aroma politik menuju arena Pemilu 2024 tersebut semakin hangat. Termasuk di wilayah Luwu Raya.

Sejumlah figur telah mewacana akan maju mencalonkan diri sebagai calon legislatif, baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, termasuk DPR RI. Nah, yang menarik, di Kabupaten Luwu, klan Basmin Mattayang mulai dilirik berbagai pihak jelang Pemilu 2024. Klan Basmin menjadi magnet tersendiri bagi partai politik peserta Pemilu. Apalagi, klan Bupati Luwu itu disebut-sebut tidak akan melewatkan momentum Pemilu 2024.

ADVERTISEMENT

Yang menarik, nama-nama kerabat dekat Basmin Mattayang disebut-sebut akan menyebar di sejumlah partai politik, seperti Partai Gerindra, Partai NasDem, PPP, termasuk Partai Golkar. Termasuk Basmin Mattayang yang sudah dua periode memimpin Luwu kabarnya akan dipersiapkan Partai Gerindra untuk maju sebagai caleg DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras, tak menampik hal tersebut. Baru-baru ini, Andi Iwan baru berkunjung ke Kabupaten Luwu. Dalam kunjungannya, Andi Iwan sempat bersilaturahmi dengan Basmin Mattayang di Belopa.

ADVERTISEMENT

Andi Iwamn mengakui, nama Basmin Mattayang masuk dalam daftar figur yang akan diusung pada Pileg 2024 mendatang. Dengan masuknya nama Basmin Mattayang bersama Andi Unru Baso dan Andi Mudzakkar dalam daftar nama yang dipersiapkan nyaleg di partai Gerindra Dapil 3 Sulsel, Andi Iwan berharap dapat menambah kursi untuk partai besutan Menteri Pertahanan itu, Parobowo Subianto.

”Dengan masuknya nama-nama diatas, kita harapkan Dapil 3 Sulsel, Gerindra dapat dua kursi, kata Andi Iwan Aras yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini.

Selain Basmin Mattayang, nama puteranya Arham Basmin juga telah menyatakan sikap dan mempersiapkan diri untuk bertarung di Pemulu 2024. Berbeda dengan Basmin yang dikabarkan akan memilih untuk maju sebagai Bacaleg Gerindra untuk DPR RI, Arham Basmin memilih untuk maju sebagai Caleg DPRD Provinsi lewat Partai NasDem. Saat ini, Arham Basmin dipercayakan sebagai Ketua NasDem Kabupaten Luwu.

“Saya akan ikut jadi caleg DPRD Provinsi dari Dapil Luwu Raya. Supaya bisa juga tambah-tambah kursi Nasdem,” kata Arham, belum lama ini.

Rupanya bukan hanya Arham, putra Basmin lainnya, yakni Arfan Basmin juga disebut-sebut bakal kembali maju nyaleg pada pemilu 2024. Saat ini Arfan Basmin duduk sebagai Anggota DPRD Kabupaten Luwu dari Fraksi PPP. Dia dilantik sebagai Anggota DPRD Luwu sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024, pada Sabtu (22/1/2022) lalu. Arfan menggantikan Hasdir karena meninggal dunia. Nah, pada pileg 2024, Arfan Basmin disebut-sebut kembali akan maju sebagai Caleg DPRD Kabupaten Luwu lewat Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain kedua putra Basmin, anak mantu Bupati Luwu yang juga isteri dari Arham Basmin akan turut meramaikan Pileg 2024. Anita Octaviana Andi Leluasa saat ini dipersiapkan sebagai bakal Caleg DPRD Kota Palopo oleh Partai Golkar. Nama istri ketua NasDem Luwu itu masuk dalam daftar fungsionaris Partai Golkar Kota Palopo, yang diusulkan sebagai Caleg di Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Wara, Wara Barat dan Mungkajang.

Dalam daftar bacaleg Golkar Kota Palopo untuk Dapil 1, nama Anita yang juga Bendahara DPD Golkar Kota Palopo, tertera bersama dengan 15 nama lainnya. Diantarnya, Steven Hamdani, Syamsul Rijal Syam, Andi Batara Sakti Sultani, Elisabeth Seru dan nama lainnya. Menarik bukan? (lig)

ADVERTISEMENT