Punya Segudang Prestasi, Pramuka SMPN 4 Palopo Siapkan Diri Hadapi Lomba

932

PALOPO – Praja Muda Karana atau yang lebih akrab kita kenal dengan pramuka memiliki arti jiwa muda dan suka berkarya. Organisasi ini merupakan ekstrakulikuler wajib kurikulum 13 (K13) di SMP se-Kota Palopo. Begitu pun di SMPN 4 Palopo.

Berbagai prestasi telah diperoleh SMPN 4 Palopo dalam berbagai perlombaan pramuka. Sebulan yang lalu, sekolah yang dikepalai, Thamrin Risa ini berhasil meraih juara umum pada perkemahan penggalang se-Luwu Raya. Kegiatan itu digelar

“Alhamdulillah pada lomba sebulan lalu, kami berhasil meraih hasil maksimal. Kami mendapat juara 1 umum.” jelas Andi Makmur, pelatih pramuka SMP Negeri 4 Palopo.

Dua regu pramuka putra dan putri SMPN 4 berhasil meraih juara diantaranya, juara 1 administrasi regu, juara 1 miniatur rumah adat, juara 1 LKBB putra, juara 1 LKBB putri, juara 1 perkusi gabungan, juara 1 menara kaki 4 putra, juara 1 administrasi gudep, juara 2 menara kaki 4 putri, juara 2 kreasi mie dan buah naga.

“Kegiatan lomba ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 palopo pada tanggal 10-11 November lalu, pesertanya SMP se-luwuraya,” ujarnya.

Andi makmur menambahkan, Selain juara 1 umum di pertandingan kemarin, SMPN 4 juga pernah mendapat juara 2 umum setingkat Luwu Raya bulan 4 kemarin, pertandingan ini diadakan oleh organisasi Dewan Kerja Ranting Bua yang diadakan di Bua.

“Pendidikan kepramukaan ini sebenarnya bukan merupakan organisasi, karena sudah sejak lama pendidikan pramuka dijadikan ekstrakurikuler wajib di seluruh sekolah se-luwuraya.” ungkapnya.

“Jadwal pelatihan pramuka, 2 kali seminggu. setiap hari senin dan kamis. Untuk sementara kami tidak melatih berhubung siswa harus fokus ujian,” tambahnya.

Saat ini SMP 4 Palopo mempersipkan diri untuk menghadapi lomba yang akan diadakan oleh kwarcap Palopo pada bulan Ferbruari mendatang. pertandingan ini merupakan suatu program tahunan kwarcap Palopo. (wah/liq)