Puskesmas Kalaena Luwu Timur Galakkan Program Smart Lansia

22

LUTIM – Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 25 tahun 2016 tentang aksi Nasional Kesehatan Lansia, mewajibkan Puskesmas di Seluruh Indonesia berperan aktif melaksanakan kegiatan kesehatan peduli lansia.

Menindaklanjuti hal tersebut, Puskesmas Kalaena di Kecamatan Kalaena, Kabupaten Luwu Timur, saat ini gencar melaksanakan berbagai kegiatan yang sifatnya Promotif, Preventif, Kuratif  dan Rehabilitatif, Yang diberi nama Lansia Smart, singkatan dari Lanjut Usia, Sehat, Mandiri dan Produktif.

Kepala Puskesmas Kalaena, drg Ernawati mengatakan program Lansia Smart ini berjalan cukup baik. Program tersebut antara lain posyandu lansia, edukasi lansia, dan skrining lansia.

“Selain memantau kesehatan para lansia yang ada di Kecamatan Kalaena, kami juga memberikan pengetahuan seputar kesehatan mereka. Jadi para lansia dan keluarga dapat mengontrol asupan makanan yang diberikan,” jelas drg Ernawati.

Selain itu, Pusekesmas juga melakukan kunjungan ke rumah lansia yang beresiko. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan menindaklanjuti laporan dari bidan desa, kader, Pemerintah Desa dan Sektor terkait melaui group WA.

“Untuk pelayanan klinis bagi lansia, tersedia ruang khusus pelayanan lansia di Puskesmas Kalaena. Ini disediakan untuk mempermudah akses agar para lansia mendapat Kemudahan dalam pemeriksaan kesehatan. Salah satu contohnya adalah menyiapkan tempat duduk khusus bagi Lansia saat menunggu pemeriksaan,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Puskesmas Kalaena juga menyediakan program senam lansia yang dilaksanakan setiap hati sabtu. Setelah senam para lansia juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan antara lain Hipertensi,  Diabetes, Kolesterol dan Stroke.

“Program ini mendapat respon yang luar biasa dari para lansia yang dilihat dari antusias mereka di setiap kegiatan Kesehatan lansia. selain itu, para lansia juga sangat mandiri dan memiliki inisiatif sendiri untuk melakukan kegiatan diluar jadwal yang ada untuk menjaga kesehatan mereka,” pungkasnya. (rls/liq)