Puting Beliung Terjang Desa Lengkong Bua, Bupati Luwu Tinjau Lokasi dan Salurkan Bantuan Bagi Korban

105
Bupati Luwu, Dr H. Basmin Mattayang mengunjungi lokasi terdampak angin puting beliung di dusun Karo, Desa Lengkong Kecamatan Bua, Rabu (22/6/2022). Dalam kunjungannya, Bupati Basmin secara simbolis menyerahkan bantuan terpal kepada warga terdampak bencana tersebut
ADVERTISEMENT

BELOPA–Bupati Luwu, Dr H. Basmin Mattayang mengunjungi lokasi terdampak angin puting beliung di dusun Karo, Desa Lengkong Kecamatan Bua, Rabu (22/6/2022).

Dalam kunjungannya, Bupati Basmin secara simbolis menyerahkan bantuan terpal kepada warga terdampak bencana tersebut

ADVERTISEMENT

“Pemerintah telah melakukan tanggap darurat. Setelah mendapat laporan kejadian, saya langsung instruksikan BPBD, Dinas Sosial serta Dinas Perkim segera ke lokasi untuk lakukan assesment dan penanganan darurat,” kata Basmin Mattayang.

Basmin juga menginstruksikan kepada BPBD dan Dinsos, selain melakukan assesment, pemenuhan kebutuhan dasar korban terdampak bencana angin puting beliung harus ditangani secepatnya

ADVERTISEMENT

“Kepada BPBD, Dinsos, dan terutama pemerintah kecamatan dan pemdes Lengkong agar dapat membantu pemenuhan kebutuhan dasar warga. Jangan ada keluhan kekurangan makanan dari mereka,” tegas Basmin.

Terkait kerusakan rumah warga yang terdampak bencana, Basmin telah instruksikan Dinas Perkim untuk melakukan assesment dan berikan bantuan sesuai dengan kondisi kerusakan.

Bencana angin puting beliung terjadi sekitar pukul 00.30 wita, Rabu dini hari, yang diawali hujan deras disertai angin kencang. Bencana ini mengakibatkan 5 rumah warga mengalami rusak berat, 9 rumah rusak sedang, dan 13 rusak ringan. Fasilitas SDN 479 Lengkong dan Polindes juga mengalami kerusakan, serta terputusnya aliran listrik. Terdapat 212 jiwa dari 32 KK terdampak bencana ini.

Saat ini BPBD, Dinsos bersama TNI-Polri dan dibantu warga setempat melakukan upaya pembersihan puing-puing bangunan, evakuasi barang warga dan mendirikan posko tanggap darurat.

Kepala Desa Lengkong Desi Patantang mengatakan, puting beliung terjadi secara tiba-tiba dan bersamaan hujan dengan intensitas rendah pada pukul 00.00 dini hari, saat kebanyakan warga sedang beristirahat. “Untuk sementara data yang saya terima dari masing-masing Kepala Dusun ada 19 unit rumah warga yang terdampak termasuk yang rusak ringan, dan untuk rusak parah sementara 10 unit rumah dan 1 unit rumah rata tanah,” kata Desi, saat dikonfirmasi di lokasi, pada Rabu.

Selain rumah, kendaraan warga rusak ditimpa tiang listrik, beruntung saat kejadian terjadi pemadaman lampu. “Ada tiang listrik yang tumbang dan menimpa 3 unit kendaraan roda dua, saat ini belum bisa digerakkan oleh warga,” ucap Desi. (mat)

ADVERTISEMENT