Raih Ballon d’Or Keenam Kalinya, Messi Mulai Sadari Waktu Pensiun Kian Dekat

105
LIONEL Messi menyabet penghargaan Ballon d'Or 2019. Ini jadi trofi Ballon d'Or keenam untuk bintang Barcelona itu

LIONEL Messi menyabet penghargaan Ballon d’Or 2019. Ini jadi trofi Ballon d’Or keenam untuk bintang Barcelona itu. Messi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2019 dalam seremoni yang digelar di Chatelet Theatre, Paris, Selasa (3/12/2019) dini hari WIB. Ia menerima trofi tersebut dari pemenang tahun lalu, Luka Modric.

Messi finis pertama di daftar peringkat Ballon d’Or 2019 di depan Virgil van Dijk yang ada di urutan kedua. Sementara Cristiano Ronaldo menempati posisi ketiga, disusul oleh Sadio Mane.

Raihan trofi Ballon d’Or 2019 ini adalah yang keenam bagi pemain asal Argentina itu sepanjang karir profesionalnya. Bagi Messi, ini adalah prestasi yang luar biasa, mengingat trofi tersebut menjadikan dia sebagai pesepakbola dengan raihan trofi Ballon d’Or terbanyak sepanjang masa.

Hanya saja, Messi sadar betul, bahwa era keemasannya sebagai pesepakbola akan segera berakhir. Dalam pidatonya, Messi mengaku sangat ingin tampil dengan performa terbaiknya hingga bertahun-tahun mendatang. Akan tetapi, ia sadar bahwa usia akan jadi penghalang.

“Saya tidak pernah berhenti bermimpi dan menikmati sepakbola ketika saya masih kecil. Saya berharap saya masih punya waktu bertahun-tahun untuk menikmatinya, tetapi saya menyadari usia saya dan saya tahu waktu terus berlalu. Saya tahu bahwa waktu untuk pensiun semakin dekat,” ujar Messi, mengutip dari Live Soccer TV, Selasa (3/12/2019).

“Saya ingat Ballon d’Or pertama saya. Saya tiba di sini bersama saudara-saudara saya. Sekarang, saya mengambil yang keenam dengan keluarga saya duduk di sana, itu benar-benar tidak terpikirkan saat itu,” lanjut pemain berjuluk La Pulga tersebut.

Sepanjang kariernya, Messi sudah meraih berbagai penghargaan dan trofi bergengsi, dari mulai gelar juara Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Klub. Messi hanya kurang trofi Piala Dunia dan Copa America. (***/cbd)