Rakor Dampak Pembangunan IKN di Kaltim, Bupati Luwu Utara : Dapat Tingkatkan PAD Hingga ke Daerah

86
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Sulawesi Selatan salah satu provinsi yang akan merasakan efek domino dari pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Bahkan pembangunan IKN bisa berdampak pada meningkatnya PAD sampai ke daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dalam forum rapat Koordinasi Peranan Provinsi Sulawesi Selatan dalam pembangunan IKN dan penyelenggaraan pelatihan SIPJAKI yang digelar Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemprov Sulsel di Novotel Makassar, Senin (29/08/2022).

ADVERTISEMENT

Menurutnya dari data terkait kebutuhan material, SDM dan kebutuhan lain dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara banyak potensi yang bisa dimanfaatkan pemerintah Kabupaten dan kota di Sulsel.

“Hari ini kita banyak mendaparkan informasi bukan hanya terkait rencana pemerintah di IKN. Tapi hari ini kita sudah bicara kebutuhan dalam pembangunan IKN, sampai berapa material, brapa SDM yang dibutuhkan,” ungkap Indah.

ADVERTISEMENT

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu menambahkan, bicara soal material batu cipping misalnya, di Kalimantam Timur material itu sulit dipenuhi apalagi dalam jumlah yang besar karena Kalimantan Timur memiliki tanah yang gambut.

“Tinggal informasinya harus di massifkan lagi. Saya lihat banyak sekali potensinya apa lagi bicara mateial batu, pasir. Ini juga akan membuka peluang infestasi baru di daerah dan itu akan sangat membantu daerah untuk pulih dan tidak semata me gandalkan Tranfer Keuangan Daerah dan Desa (TKDD),” jelasnya.

“Pembangunan IKN ini ada potensi untuk meningkatkan PAD daerah kita. Tinggal informasinya saja yang perlu d massifkan ke daerah material apa saja yang dibutuhkan, pasir seperti apa yang d butuhkan, dan lain lain. karena yakin dan percaya meterial yang dibutuhkan itu harus dicari ke daerah daerah. Nah disitulah peluang yang bisa kita manfaatkan,” sambung ibu dua anak itu.

Pengurus Bidang V Program Rencana Kerja, Pemantauan dan evaluasi Lembaga Pegembangan Jasa Konstruksi (LPJK), Dr Syarif Burhanuddin yang hadir sebagai pembicara menyampaikan, pemerintah daerah harus jeli melihat peluang dari pembanginan IKN ini,

“Harus mengedintifikasi material yang ada di daerah masing masing. Apa saja yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan material dalam pembangunan IKN. Mulai dari material pasir, batu dan material lain nya dan pastin nya itu tidak hanya dari satu daerah saja nah Sulawesi Selatan adalah satau wilayah yang terdekat dari IKN,” kata Syarif.

Secara Geoekonomi, wilayah Sulawesi Selatan terutama di kawasan Pantai Barat akan menjadi kawasan strategis sebagai wilayah penghubung, dukungan pasokan sumber daya untuk menunjang pembangunan dan aktivitas di Kalimantan Timur akan mampu meningkatkan kekuatan ekonomi wilayah wilayah tersebut. (rls)

ADVERTISEMENT