Rapat Kerja Komisi II DPRD Palopo dengan Tiga OPD, Memonitor Program Unggulan agar Pelaksanaannya Berkualitas

138
ADVERTISEMENT

PALOPO–Bertempat di ruang rapat Komisi II, DPRD Palopo menggelar rapat kerja dengan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah kota Palopo, Senin 8 Februari 2021.

Ketiga OPD tersebut adalah Badan Penelitian dan Pengembangan kota Palopo. Serta Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) dan Dinas Perhubungan kota Palopo.
 
Rapat ini dihadiri ketua Komisi II Angga Bantu, serta wakil ketua Komisi II Budirani Ratu dan anggota Komisi II lainnya. 
 
Budirani Ratu mengatakan, kegiatan ini terkait evaluasi dan monitoring program kegiatan tahun anggaran 2021 yang baru berjalan. 
 
“Rapat kerja ini menindaklanjuti setiap program kegiatan yang sudah tertuang dalam APBD untuk dilaksanakan dan direalisasikan sècepatnya,” ujar Budirani Ratu kepada Koran Seruya usai rapat tersebut.
 
Kata Budirani Ratu, salah satu rapat kerja yang dilakukan, yakni dengan Dinas Perkim ada beberapa kegiatan prioritas yang akan mereka lakukan dalam waktu dekat ini, seperti Program Kotaku dengan menyasar kawasan kumuh di sekitar pesisir terkait fasilitas drainase, trotoar dan talud. 
 
Lanjut legislator senior Gerindra itu, mereka juga (Perkim, red) akan melakukan pemetaan kawasan rawan bencana dan mendata pemukiman masyarakat yang ada di sana sehingga nantinya kalo terjadi bencana data-dara tentang masyarakat yang terdampak sudah bisa diketahui. 
 
“Jadi kami memonitor di awal pelaksanaan, sehingga sinkron nantinya saat evaluasi tentang pelaksanaan kinerja masing-masing OPD, dan ini hal rutin yang kami lakukan,” terangnya. 
 
“Dinas Perkim juga akan melakukan program kegiatan bedah rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dimana yang sudah terdata sebanyak 67 unit dan akan menyusul bedah rumah yang jumlahnya diharapkan akan lebih banyak, ini semua yang menjadi concern kami di DPRD Palopo untuk mengawal pelaksanaan program tersebut,” tandasnya. 
 
Sementara itu, terkait Balitbangda, Budirani menyebut, ada 6 kegiatan penelitian yang mereka siapkan dan sisa menunggu SK walikota saja. “Yang saya tahu itu, program unggulan Balitbangda menurut pimpinan OPDnya, tentang kelanjutan pengembangan sagu techno park dan bagaimana mengoptimalkan pelaksanan tugas-tugas pegawai yang bekerjasama dengan perguruan tinggi.” 
 
Selain itu, ada juga penelitian pendidikan anak, bagaimana pengaruh sekolah daring dan pendidikan perkembangan psikologi anak dan orangtua, efektifkah metode pembelajaran daring tersebut,” katanya. 
 
“Harapan kami di DPRD Palopo agar dalam bekerjasama  nanti Balitbangda memilih ahli dari Perguruan Tinggi yang benar-benar independen dan profesional agar hasilnya akurat dan maksimal.   
 
Dari OPD yang hadir dalam Rapat Kerja ini nampak Kepala Dinas Perkim, Irfan Dahri. S.TP, M.SI, sedangkan untuk Dishub dihadiri Kadishub Palopo Andi Farid Baso Rachim AP dan para kepala bidangnya. Serta jajaran Balitbangda Palopo dihadiri langsung oleh Kepala Balitbangda Andi Enceng, SE, M.Si beserta stafnya. 
(iys)

ADVERTISEMENT