Rapat Persiapan, Musrenbang Ditargetkan Mulai Pekan Depan

110

PALOPO–Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Palopo, mulai intens melakukan persiapan dalam rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dimulai dari tingkat paling bawah yakni kelurahan.

Dipantau koranSeruya, Senin (20/1) bertempat di lantai 2 kantor Balaikota Palopo, digelar rapat persiapan Musrenbang yang dihadiri Kepala Bidang Perencanaan Makro Bappeda Palopo, Henri SE MSI serta beberapa anggota tim Musrenbang lainnya, terdiri dari unsur Bappeda, Tim IT Pemkot Palopo, dan Kominfo Palopo.

Dijelaskan Henri, rapat persiapan ini bertujuan memantapkan agenda Musrenbang yang setiap tahunnya digelar, dimana rencananya, akan diawali Musrenbang tingkat kelurahan, disusul nanti Musrenbang tingkat kecamatan dan diakhiri dengan Musrenbang tingkat kota.

“Untuk Musrenbang tingkat kelurahan akan kita gelar pada Minggu ke 2 sampai minggu ke 4 bulan Januari ini, akan dihadiri lurah, RT/RW, LPMK dan tokoh masyarakat,” jelas Kabid Perencanaan Makro Bappeda Palopo itu.

Selanjutnya, katanya lagi, untuk Musrenbang tingkat kecamatan akan kita gelar pada Minggu ke 1 sampai minggu ke 2 bulan Februari nanti, rencananya akan dihadiri camat, forum pimpinan kecamatan dan tokoh masyarakat, sebutnya.

“Dan untuk Musrenbang tingkat kota, kita rencanakan pada Minggu ke 2 sampai minggu ke 3 bulan Maret 2020 nanti, dimana akan dihadiri walikota, forum pimpinan daerah beserta tokoh masyarakat,” papar Henri.

Adapun tujuan digelarnya Musrenbang yang setiap tahun diadakan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan tahun sebelumnya dan juga untuk menyusun program pembangunan satu tahun ke depan berdasarkan visi misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkot Palopo 2018-2023.

RPJMD ini menjadi dasar pijakan untuk menyusun perencanaan pembangunan strategis ke depan.

Skala prioritas di RPJMD itu sendiri ada 12 program pembangunan, dengan 5 misi, 5 tujuan dan 11 sasaran, pungkas Henri.

Kelima sasaran pembangunan tersebut yakni kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat, kapasitas infrastruktur dan pengelolaan lingkungan, layanan dasar dan public tata kelola sumber daya manusia aparatur dan penyelenggaraan pemerintahan, daya saing dan daerah dan, pengelolaan dan optimalisasi pendapatan asli daerah. (Iys)
*) RKPD Palopo Tahun 2019 bisa dilihat disini