Razia di Sekitaran Terminal Palopo, Petugas Amankan 4 PSK dan 1 Mucikari

338
ADVERTISEMENT

PALOPO – Empat Pekerja Seks Komersil (PSK) diamankan personil Satpol PP dan Dinas Sosial, saat melakukan operasi gabungan di terminal Dangerakko, Kota Palopo, Sabtu, 23 Januari 2021.

Salah satu dari 4 PSK itu tercatat masih dibawa umur.

ADVERTISEMENT

Sempat terjadi kejar-kejaran antara aparat gabungan dan para PSK, bahkan beberapa lainnya sempat melarikan diri, saat mengetahui kedatangan petugas.

Dari operasi tersebut 5 orang berhasil diamankan 4 diantaranya berprofesi sebagai PSK dan 1 orang lainnya sebagai Mucikari.

ADVERTISEMENT

Petugas lalu mengangkut kelima orang tersebut, kemudian dibawa ke Kantor Satpol PP untuk diinterogasi dan diambil identitasnya.

Kepala Bidang Perundang-undangan Satpol PP Kota Palopo, Salong mengatakan saat dilakukan interogasi para PSK, mengaku terpaksa melakoni profesi itu demi menghidupi keluarganya.

ADVERTISEMENT

“Rata-rata pengakuannya karena faktor ekonomi. Membeli susu dan makan untuk anaknya,” kata Salong.

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Palopo, Dewagau menyebutkan para PSK yang diamankan, diambil identitasnya dan akan direhabilitasi serta diberikan pelatihan.

“Jika masih kedapatan lagi, maka akan kita kirim ke Balai Rehabilitasi Sosial di Makassar untuk dilakukan pembinaan dan pelatihan, agar mereka punya keterampilan sehingga bisa bekerja lebih layak,” sebut Dewagau.

Dari keempat PSK itu hanya satu orang warga Kota Palopo. Tiga lainnya berasal dari luar daerah.

Pihak Satpol PP menegaskan akan  terus melakukan operasi tersebut secara rutin di titik yang kerap jadi tempat mangkal PSK.

“Aktifitas mereka dianggap sudah meresahkan masyarakat, terutama kaum ibu-ibu,” imbuh Salong. (Har)

ADVERTISEMENT