Realisasi PAD April Capai Rp 15,9 M, Bapenda Palopo Optimis Bakal Capai Target

79
Plt Kepala Bapenda Palopo, Ibnu Hasyim. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menginformasikan realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palopo untuk periode April tahun 2022, mencapai Rp 15.919.258.689,00 miliar. Angka itu setara dengan 22,45 persen dari target yang diberikan.

Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Palopo, Muhammad Ibnu Hasyim, saat ditemui koran seruYa, Senin (30/5/2022) optimistis perolehan PAD akan terus meningkat dan mencapai target seiring mulai pulihnya sektor dunia usaha.

ADVERTISEMENT

“Target itu bisa terlampaui atau mengalami over pemasukan jika pemulihan ekonomi cukup stabil. karena ada beberapa item pajak daerah dan tiga item retribusi daerah, yakni jasa umum, jasa usaha dan perijinan tertentu. Kita ketahui objek PAD yang cukup menonjol pemasukannya seperti pajak BPHTB, pajak penerangan jalan umum, hingga pajak hotel dan restoran,” ungkap Ibnu.

Khusus pajak hotel dan restoran, Bapenda merencanakan kembali menggelar undian door prize. “Bulan depan, tetap kita pantau dan undi dengan berbagai macam hadiah seperti televisi, hand phone, sepeda sport, serta hadiah menarik lainnya. Program ini tetap kami jalankan nanti,” terang Ibnu Hasyim.

ADVERTISEMENT

Ia menambahkan, pajak hotel dan restoran tetap diharapkan menjadi penyumbang PAD terbesar di Palopo. Mengingat iklim usaha restoran sudah menggeliat begitu pun tingkat hunian hotel kembali meningkat.

“Sekarang tinggal ketaatan dan kedisiplinan dari pelaku usaha restoran dan hotel untuk mempergunakan mesin empost yang telah dipasang pada meja-meja kasir di setiap restoran/rumah makan serta hotel. Guna mengecek penerimaan pajak hotel dan restoran itu, Bapenda akan melakukan uji petik yang disinkronisasikan dengan data transaksi empost,” kunci Ibnu Hasyim. (ayb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT