Redam Konflik, Pemuda dan Tokoh di Mappedeceng Gelar Pertemuan

819
Pertemuan di Mappedeceng dalam rangka meredam konflik dan menciptakan kembali suasana kondusif di Mappedeceng.
ADVERTISEMENT

Mappedeceng — Puluhan pemuda dusun Beringin menghadiri pertemuan di rumah Kepala Dusun Beringin, baru-baru ini di desa Mappedeceng kecamatan Mappedeceng. Pertemuan yang dihadiri Kepala Desa dan Babinsa itu dilakukan dalam rangka meredam konflik dan menciptakan kembali kondusivitas di Kecamatan Mappedeceng.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Kepala Dusun Beringin, Sabbani, di hadapan para pemuda Mappedeceng, meminta kepada segenap elemen masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban desa. “Semoga kita bisa berjalan sesuai dengan keinginan untuk menyatukan kembali pemuda kita yang berselisih kemarin. Mai ki ta sipakainga ta sipakatau,” kata Sabbani.

ADVERTISEMENT

Sementara Kades Mappedeceng, Annas Pettu, mengimbau segenap elemen masyarakat untuk selalu berpikir solutif, sehingga tercipta suasana kebersamaan dan segala kesalahpahaman dapat dihilangkan. “Mari saling memberi solusi, ciptakan suasana damai, jalin kebersamaan dan hilangkan kesalahpahaman. Jangan lagi terulang seperti kemarin,” harap Annas.

“Kita ini satu keluarga, umumnya satu agama, dan yang pasti kita juga bersaudara. Harapan kita bersama, jaga keamanan daerah kita. Dahulukan tata krama dan sopan santun. Kita semua harus hadir sebagai orang tua sehingga kita dapat mendidik anak kita dengan baik,” ujar Annas Pettu menambahkan.

ADVERTISEMENT

Annas berharap, agar konflik yang kemarin pecah di desa Mappedeceng adalah konflik yang terakhir. “Mari kita menjaga keamanan desa dan kampung kita. Redam perselisihan yang ada. Jangan biarkan berlarut-larut dan berkelanjutan. Mappedeceng cinta damai, dan harus bersinergi dengan semua pihak,” harap Annas.

Babinsa Mappedeceng Zainuri pada pertemuan tersebut juga memberikan pencerahan kepada segenap undangan yang hadir. Ia mengatakan, peran orang tua menjadi sangat penting dalam menciptakan suasana kondusif, karena biasanya anak-anak masih mendengar apa nasehat orang tuanya. “Hindari provokator dan jangan saling menyalahkan,” imbuhnya.

Rencananya pertemua serupa juga akan dilakukan di dusun Mappedeceng, dan dusun Nanna. Kedua dusun ini masih di wilayah Kecamatan Mappedeceng. Selain Kadus dan Kades, juga turut hadir Babinsa Mappedeceng Zainuri, Tokoh Wanita Nurmaeda, Tokoh Pemuda Hendrawangsa, dan para Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama setempat. (har)

ADVERTISEMENT