Rekomendasi Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Pertama Kali ke Bali

115
Model memperagakan busana kebaya di Pantai Kuta, Badung, Bali, Jumat (16/4/2021). Peragaan busana kebaya tersebut dilakukan untuk menyambut peringatan Hari Kartini serta mempromosikan kebaya sebagai pakaian yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari sebagai upaya melestarikan busana kebaya. (FOTO : Antara/Fikri Yusuf)
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Ketika mendengar nama Bali, yang terlintas di pikiran kita adalah daerah wisata dengan pemandangan yang luar biasa dan punya banyak pantai yang memukau. Bali juga dikenal dengan keramahtamahan masyarakatnya, kekayaan budaya dan tradisi, serta banyaknya surga wisata yang tersembunyi. Mulai dari wisata alamnya, wisata kuliner, wisata belanja, sampai wisata halal semuanya bisa Anda lakukan di Pulau Dewata ini.

Tak berlebihan tentunya menjadikan Bali sebagai destinasi wisata nomor satu di Indonesia dan pastinya masuk wishlist Anda. Ditambah lagi, Bali memiliki kelengkapan sarana akomodasi yang sangat memadai. Mulai dari hotel, villa, resort, restoran, spa, hingga pusat kerajinan lokal yang terjaga eksistensinya. Sebelum berkunjung ke Bali, Anda perlu mengetahui beberapa aturan dan kebijakan yang diberlakukan saat masa pandemi ini, khususnya ketika menggunakan pesawat.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa syarat penerbangan ke Bali yang perlu Anda ketahui, diantara memiliki kartu identitas yang sah, memiliki sertifikat vaksin minimal dosis pertama, memiliki hasil tes negatif Covid-19 (RT-PCR), mengisi eHAC dari aplikasi Peduli Lindungi, serta membawa dua salinan semua syarat tersebut.

Bagi Anda yang pertama kali akan berkunjung ke Bali, pastinya mencari-cari destinasi wisata apa yang bisa dikunjungi. Untuk itu, berikut rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

ADVERTISEMENT

● Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau akrab disapa GWK ini adalah landmark baru di Pulau Bali yang diresmikan pada bulan Agustus 2018 lalu. Landmark ini berlokasi di Desa Ungasan, Kuta Selatan, yang menjadi maskot Bali dengan bentuk patung Garuda Wisnu Kencana yang menggambarkan sosok Dewa Wisnu setinggi 121 meter.

ADVERTISEMENT

Dalam kawasan GWK ini, ada beberapa spot yang bisa Anda datangi. Spot pertama adalah Plaza Wisnu yang dikelilingi oleh air mancur dan disucikan oleh masyarakat.

Dari Plaza Wisnu ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang memukau. Spot kedua adalah Street Theater, area ini merupakan pusat toko dan restoran yang bisa Anda jadikan tempat belanja souvenir dan menikmati kuliner. Spot ketiga adalah Tirta Amertha berupa dinding batu besar yang sering menjadi lokasi foto. Disamping itu, ada beberapa spot lain seperti Tirta Agung, Amphitheatre, dan Taman Indraloka.

● Pantai Kuta

Setelah menikmati kemegahan landmark Garuda Wisnu Kencana, selanjutnya Anda bisa menikmati panorama Pantai Kuta yang memukau. Pantai yang satu ini sudah sangat terkenal dan tak asing lagi di telinga Anda. Pantai ini terletak di sebelah selatan Kota Denpasar yang disebut-sebut sebagai pantai matahari terbenam. Pantai Kuta ini dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara memiliki ombak yang bagus untuk selancar.

Area Pantai Kuta juga terbilang sangat lengkap, di sekitarnya terdapat penginapan, restoran, pertokoan, dan pedagang kaki lima. Lokasi pantai ini berada dekat dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

● Bali Safari and Marine Park
Setelah puas menikmati matahari terbenam di Pantai Kuta, selanjutnya Anda bisa berkunjung ke Bali Safari and Marine Park (BSMP) untuk melihat berbagai satwa yang eksotis. Destinasi wisata ini berlokasi di Kecamatan Gianyar yang sekaligus menjadi lembaga konservasi. Tempat wisata ini mulai dibuka tahun 2007 dengan luas 40 hektar.

Destinasi ini memiliki lebih dari 120 spesies satwa, termasuk satwa yang langka dan dilindungi seperti komodo, orangutan, dan jalak bali. Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan selain melihat satwa, yaitu Jungle Hopper, Elephant Back Safari, Night Safari, Breakfast With The Lions, 4×4 Safari, dan Agung Show. Selain itu, di dalam area BSMP juga terdapat berbagai fasilitas akomodasi seperti restoran dan penginapan Mara River Safari Lodge. Dari balkon penginapan ini Anda bisa melihat beberapa satwa Afrika.

● Desa Penglipuran

Setelah menyaksikan berbagai satwa yang eksotis, selanjutnya Anda bisa berkunjung ke Desa Penglipuran untuk menikmati suasana desa khas Bali yang menenangkan. Desa Penglipuran berlokasi di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli. Desa wisata ini dikenal karena eksistensi budaya tradisionalnya yang terjaga dengan baik dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Misalnya, tercermin dari arsitektur rumah, teknik pengolahan lahan, dan filosofi masyarakatnya. Sebagai destinasi wisata desa, ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di desa ini, diantaranya adalah outbound, gathering, mengamati kegiatan masyarakat, serta menginap di rumah tradisional khas Desa Penglipuran. Tiket masuk ke Desa Penglipuran juga sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 20 ribu – Rp 30 ribu untuk dewasa dan RP 15ribu sampai Rp 25 ribu untuk anak-anak.

● Taman Nasional Bali Barat

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Taman nasional ini berlokasi di bagian barat Pulau Bali dengan luas sekitar 19 ribu hektar. Taman nasional ini ditujukan untuk melindungi berbagai satwa dan fauna langka seperti burung jalak bali, banteng, rusa, lutung, terumbu karang, mangrove, dan ekosistem pantai agar terjaga keaslian dan keutuhannya. Setidaknya ada 160 spesies flora dan fauna yang dilindungi di taman nasional ini. Habitat di TNBB terdiri atas hutan dan sabana dengan dataran yang landai.

Nah, itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Pulau Bali yang wajib Anda kunjungi. Tentunya dengan banyaknya pilihan destinasi wisata dan lengkapnya sarana yang tersedia, Bali menjadi daerah tujuan wisata yang sangat memukau untuk Anda kunjungi. Tak lengkap rasanya jika Anda belum mengunjungi Bali dan mencatatnya dalam cerita perjalanan Anda. Sebelum itu, tentunya jangan lupa untuk mempersiapkan syarat penerbangan ke Bali ya! Yuk rencanakan agenda liburan Anda untuk menyambut musim liburan akhir tahun ini. (***)

ADVERTISEMENT