Reshuffle Kabinet Sore Ini, Kursi Mentan Syahrul Yasin Limpo Aman

694
Mantan Gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Nama Menteri Pertanian asal Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) sempat santer disebut-sebut masuk dalam daftar menteri yang akan diganti. Namun ternyata, dari reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang digelar Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Rabu (28/4/2021), sore ini, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Mentan SYL dalam posisi aman.

Komandan, begitu SYL akrab disapa, tidak masuk dalam reshuffle kabinet ini.

ADVERTISEMENT

Begitupun Nadiem Makarim yang juga sempat disebut-sebut masuk dalam daftar menteri yang akan diganti, justru mendapat tugas tambahan bidang Ristek. Nadiem Makarim dilantik Mendikbud-Ristek.

Selain Makarim yang dilantik, Jokowi juga melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

ADVERTISEMENT

Usai dilantik, Nadiem dan Bahlil mendapat ucapan selamat dari Jokowi. Disusul kemudian oleh tamu hadirin.

Sebelum menjadi Mendikbud-Ristek, Nadiem menjabat Mendikbud. Sebab, kini Kemenristek sudah dilebur dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berdiri sendiri.

Sedangkan Bahlil sebelumnya menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Pembentukan Kementerian Investasi dan Kemendikbud-Ristek ini sudah disetujui oleh DPR.

Di samping Nadiem dan Bahlil, Jokowi melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN. Laksana Tri Handoko sebelumnya merupakan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (***)

ADVERTISEMENT