Ribuan Hektar Lahan Kelapa Sawit di Lutim Bakal Diremajakan

1378
ADVERTISEMENT

LUTIM – 2000 hektar lahan kelapa sawit di Kabupaten Luwu Timur ditargetkan akan mendapatkan batuan program nasional peremajaan kelapa sawit pekebun. Lahan kelapa sawit yang akan mendapat bantuan tersebut adalah milik petani yang tersebar di sejumlah Kecamatan di Luwu Timur.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kecamatan itu antara lain Burau, Wotu, Mangkutana, Angkona dan Malili. Bantuan tersebut masuk pada kerangka pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) tahun 2018.

Hal itu disampaikan Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, saat membuka acara Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun, di Hotel I Lagaligo, Jalan Soekarno – Hatta, Kecamatan Malili, Rabu (03/10/2018).

“Program Pemerintah Pusat ini sudah sangat tepat, mengingat sejumlah tanaman sawit warga di Luwu Timur memang sudah memasuki usia yang menurun produktifitasnya,” kata Husler saat membuka acara.

ADVERTISEMENT

Husler juga mengungkapkan jika Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 25 juta per hektar untuk program peremajaan tersebut. Tapi ini melalui beberapa tahap.

“Tahapan tersebut yakni tahap penebangan, pembersihan, pengajiran, dan kemudian penanaman,” ungkap Husler.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Agar program ini dapat berjalan dengan efektif, orang nomor satu di Luwu Timur itu juga memerintahkan langsung kepada Camat terkait dan kepala Desa untuk mengawasi program itu.

program peremajaan kelapa sawit untuk petani pekebun yang sudah mulai berjalan itu diharapkan dapat berdampak pada peningkatan produktifitas kelapa sawit di Luwu Timur dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur, H. Muharif mengatakan, jika sosialisasi yang berlangsung selama sehari itu menghadirkan narasumber dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulsel sebagai Tim Peremajaan Kelapa Sawit Tingkat Provinsi dan Dinas Pertanian Lutim sebagai Tim Peremajaan Kelapa sawit Tingkat Kabupaten. (hms/ikp/kominfo)

ADVERTISEMENT