Ribuan Pelayat Antar Jenazah Puang Tomakaka Masamba, Indah: Pemkab dan Masyarakat Lutra Berduka

1017
Sebelum dimakamkan di Pekuburan Kurri-kurri, Masamba, jenazah Tomakaka Masamba, Alm H. Haris Kasmad disalatkan di Masjid Syuhada Masamba, kemudian diantar ke pemakaman dengan prosesi adat "Bulle Seratus", Selasa (1/6/2021)
ADVERTISEMENT

MASAMBA–Ribuan pelayat mengantar jenazah Tomakaka Masamba, H. Harris Kasmad, ke tempat pemakaman, Selasa (1/6/2021), sekitar pukul 14:00 Wita. Sejak pagi, warga dari berbagai daerah di Luwu Raya, termasuk pejabat di Luwu Utara berdatangan ke rumah duka di Jalan Salawati Daud, Kelurahan Bone, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

Diantara pejabat di jajaran Pemkab Lutra ikut melayat, yakni Bupati Lutra, Indah Putri Indriani. Hadir juga Wakil Bupati, Suaib Mansur. Baik Indah dan Suaib
berbaur dengan pelayat dan keluarga almarhum Tomakaka Masamba di rumah duka.

ADVERTISEMENT

Sebelum dimakamkan di Pekuburan Kurri-kurri, Masamba, jenazah disalatkan di Masjid Syuhada Masamba, kemudian diantar ke pemakaman dengan prosesi adat “Bulle Seratus.

Di rumah duka, jenazah anggota DPRD Kabupaten Luwu Utara Periode 2014-2019 ini resmi dilepas oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, sekira pukul 14.58 WITA.

ADVERTISEMENT

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, melepas jenazah Tomakaka Masamba, Alm. H. Haris Kasmad, sekitar pukul 14.58 WITA, Selasa (1/6/2021)

“Atas nama pribadi, keluarga, serta seluruh jajaran Pemerintah Daerah, perkenankan kami mengucapkan turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya. Semoga Almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT, dimaafkan semua kesalahannya, diberkahi jenazahnya, dan diterangi alam kuburnya,” ucap Indah.

Sembari mengajak mengirimkan surah Alfatiha, Indah berharap segenap pelayat yang hadir bisa mengambil hikmah dari perisitiwa kematian ini.

ADVERTISEMENT

“Mudah-mudahan kita yang hadir mendapatkan pelajaran, mengambil hikmah dari peristiwa kematian ini. Bahwa yang punya jabatan adat tertinggi di Kota Masamba saja berpulang, apalagi kita yang bukan siapa-siapa. Untuk itu supaya berkah, mari kita kirimkan Alfatiha untuk almarhum,” tutur Indah yang hadir bersama Makole Baebunta Andi Masita, Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, dan Ketua DPRD Basir.

Diketahui, almarhum Puang Tomakaka Masamba yang lahir di Palopo, 14 Januari 1957 ini meninggalkan seorang istri, 4 orang anak, dan 4 orang cucu.

Harris Kasmad menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit (RS) Hikmah Masamba, Senin (31/5/2021) pukul 21.45 Wita malam lalu. (bayu)

ADVERTISEMENT