Ribuan Peserta Ramaikan Karnaval HJL dan HPRL di Palopo

63
Ribuan peserta ramaikan karnaval dalam rangka Hari Jadi Luwu ke-755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-77, Sabtu (21/01/2023). (Foto : ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Ribuan peserta dari tingkat TK, SD dan SMP memeriahkan Karnaval dalam rangka Hari Jadi Luwu ke-755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-77, Sabtu (21/01/2023).

Peserta Karnaval dilepas Sekda Palopo yang memulai start di pelataran gedung Kesenian Palopo pada pukul 07:00. Para peserta menggunakan baju adat Luwu, dan baju adat lainnya dari berbagai daerah di Nusantara. Selain itu, ada juga yang menggunakan kostum pejuang dan kostum unik dari daur ulang plastik dan karung.

ADVERTISEMENT

Kepala Dinas Pendidikan Palopo, Hasnita Darwis mengatakakan bahwa karnaval ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan budaya siswa.

“Karnaval ini diikuti 105 Sekolah dari tingkatan TK hingga SMP dengan ribuan peserta. Karnaval ini untuk mempersatukan dan menanamkan nilai-nilai budaya dan semangat perjuangan Rakyat Luwu,” kata Hasnita.

ADVERTISEMENT

Ada juga peserta yang menggunakan pakaian profesi seperti dokter, TNI-POLRI, Guru, Perawat, bahkan ada juga menggunakan kostum Petani dengan membawa cangkul dan peralatan tani lainnya.

Hadir juga Walikota Palopo HM Judas Amir, Ketua DPRD Palopo, Kapolres Palopo, Dandim 1403 Sawegading, Kepala Kejaksaan dan Ketua Pengadilan Palopo yang turut memberi dukungan dan semangat kepada peserta Karnaval yang melintasi Panggung Penghormatan di Jalan Jendral Sudirman.

ADVERTISEMENT

Sepanjang perjalanan, peserta Karnaval terlihat sangat antusias dengan penampilan yel-yel, tari-tarian serta berbagai atraksi lainnya dan finish di Lapangan Pancasila. (mic)

ADVERTISEMENT